• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

81 Kantong Darah di Blitar Terkontaminasi Penyakit Menular Berbahaya

14 September
08:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Blitar: Tingginya animo masyarakat mendonorkan darahnya merupakan hal yang positif di sisi kepedulian sosial. Namun di sisi lain, penyebaran penyakit berbahaya melalui kantong darah juga perlu diwaspadai. Pasalnya, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blitar menemukan sedikitnya 81 Kantong darah yang terkontaminasi penyakit menular berbahaya.

"Hasil pemeriksaan laboratorium unit donor darah PMI Kabupaten Blitar menemukan darah yang ditransfusikan oleh pendonor terkontaminasi penyakit menular berbahaya," kata Sekertaris PMI Kabupaten Blitar, Bambang Wahyu, Sabtu (14/9/2019).

Menurutnya, dalam setengah tahun ini, mulai bulan januari hingga Juni 2019 tercatat ada 81 kantong darah yang dinyatakan terindikasi mengidap penyakit menular berbahaya. 

"Sebanyak 81 kantong darah yang terkontaminasi penyakit tersebut meliputi 38 kantong terkontaminasi penyakit hepatitis B, 7 kantong terkontaminasi penyakit hepatitis C, 15 kantong terkontaminasi penyakit HIV dan 21 kantong terkontaminasi penyakit kelamin atau sipilis," ungkap Bambang.

Dengan alat yang dimiliki oleh laboratorium, unit donor PMI Kabupaten Blitar mampu mengetahui jenis penyakit menular berbahaya yang terkandung dalam darah. "Saat ini, seluruh darah dalam kantong yang terindikasi mengandung penyakit menular berbahaya sudah dimusnahkan," tuturnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, darah yang didonorkan masyarakat sebelum di berikan ke rumah sakit harus melalui tahapan screaning. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00