• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pariwisata & Lingkungan Hidup

Akhir Pekan, Sampah di Kota Wisata Batu Capai 80 Ton

13 September
17:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Batu: Sebagai salah satu kota wisata andalan Jawa Timur, jumlah wisatawan yang datang cukup banyak khususnya di momen akhir pekan. Namun banyakna jumlah wisatawan itu turut andil dalam peningkatan volume sampah.  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu mencatat, volume sampah di momen akhir pekan yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung bisa mencapai 80 tin per hari.

Kepala DLH Kota Batu, Arif As-Sidiq mengatakan, pihaknya telah berusaha memperluas TPA, pasalnya TPA yang berada di sektor selatan Kota Batu ini sudah tidak mampu menampung volume sampah. "Setiap akhir pekan, ada peningkatan jumlah sampah hingga 40 persen menjadi 80 ton, sedangkan di hari biasa sampahnya mencapai 60 ton per hari," kata Arif, Jumat (13/9/2019).

Untuk itu, sambung Arif, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu telah meminta kepada Perum Perhutani untuk memperluas lahan TPA Tlekung. Selain itu, pihaknya juga memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang oleh bank sampah di setiap desa. "Kami meminta masyarakat berupaya melakukan daur ulang sampah, karena jumlah sampah yang terus meningkat setiap tahun membuat kebutuhan lahan juga ikut meningkat," tandasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00