• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Mahasiswa di Kota Malang Gelar Aksi Tolak Revisi UU KPK

12 September
17:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Aksi penolakan revisi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengalir, tal terkecuali dari Kota Malang. Kali ini, puluhan mahasiswa Universitas Widyagama Malang meminta Presiden agar membatalkan revisi undang-undang KPK. Permintaan itu dilakukan melalui aksi damai yang digelar di depan Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/9/2019).

Korlap aksi, Aditya Firmansyah mengatakan, dalam aksinya kali ini mahasiswanya menyampaikan tiga tuntutan. "Kami meminta Presiden menolak revisi undnag-undang KPK, mengembalikan kewenangan independensi KPK, mengembalikan kewenangan independensi KPK, serta mengusut calon pimpinan KPK yang bermasalah," kata Aditya.

Mahasiswa menilai, pembentukan dewan pengawas oleh DPR RI dimana kewenangan penyidikan dan penyelidkan harus melalui persetujuan membuat KPK menjadi tidak independen. "Padahal korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang butuh penanganan secara masif," tegasnya. 

Aksi demo mahasiswa itu ditemui langsung oleh Ketua DPRD Kota Malang, Made RIan Diana Kartika. Pihak legislatif berjanji akan menyampaikan tuntutan massa aksi ke masing-masing partai politik. "Tuntutan mahasiswa kami sampaikan ke masing-masing parrai, agar partai yang punya perwakilan segera langsung mengirim ke pimpinannya sebagai masukan," tandas Made. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00