• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Kota Malang Butuh 30 Ribu Kartu Prakerja Bagi Pengangguran

28 August
13:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sebanyak 2 juta kartu prakerja akan dibagikan bagi warga penggangguran di seluruh Indonesia. Penerima kartu prakerja itu nantinya akan mendapatkan 'gaji' cuma-cuma dari pemerintah berupa dana insentif. Selain itu, warga penerima kartu prakerja juga akan mendapatkan peningkatan keterampilan selama dua bulan, serta sertifikasi usai pelatihan. 

Di Kota Malang, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, total jumlah angkatan kerja yang ada di kota pendidikan sebanyak 454.848 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 30.898 orang masuk dalam kategori pengangguran terbuka. Artinya, 30 ribu lebih warga itu akan diusulkan mendapatkan kartu prakerja.

Plt Kabid Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Malang, M Damhudi mengungkapkan, untuk di daerah hingga kini belum ada keterangan jumlah pagu penerima kartu. 

"Untuk masalah kartu prakerja, kami belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pusat. Jadi masih belum tahu pagu ataupun teknis penyaluran atau seleksi penerimanya," katanya,  Rabu (28/8/2019).

Pemerintah pusat mewacanakan bakal ada tiga kelompok yang bisa masuk dalam program kartu prakerja. Pertama, para pencari kerja yakni masyarakat yang baru lulus sekolah baik SMA maupun perguruan tinggi. Kedua, mereka yang membutuhkan peningkatan keterampilan atau upskilling, dan ketiga adalah para korban pemutusan hubungan kerja (PHK). "Di Kota Malang dari Januari sampai Juli 2019 ada 15 orang yang kena PHK," ungkap Damhudi. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00