• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Life Style & Info Publik

Mulai 1 September, Reservasi Tiket KA Lokal di Daops 8 Hanya Bisa Lewat KAI Access

23 August
13:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Masyarakat pengguna moda transportasi kereta api kini harus bersiap dengan kebijakan baru terkait layanan kereta api lokal. Sebab mulai 1 September 2019 mendatang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan kebijakan baru, yakni pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. 

Sementara penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan apabila tempat duduk masih tersedia.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, pelayanan reservasi KA Lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. “Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, total ada 46 perjalanan KA lokal/KA Komuter PSO (subsidi) dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya,” kata Suprapto saat dihubungi RRI, Jumat (23/8/2019).

Adapun daftar  KA Lokal/Komuter PSO (Subsidi) di wilayah Daop 8 yang dimaksud Suprapto diantaranya, KA Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP), KA Tumapel relasi Malang-Surabaya Kota, KA Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota (PP), KA Penataran relasi Surabaya Gubeng-Blitar (PP), dan KA Tumapel relasi Surabaya Gubeng-Malang.

"Ada juga KRD Ekonomi relasi Sidotopo-Porong, KRD Ekonomi relasi Surabaya kota-Porong (PP), KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo-Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP), KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP), dan KA  Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Sidoarjo (PP), KA. Ekonomi Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono (PP), KRD Ekonomi Sulam relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan (PP), serta KA Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP)," paparnya. 

Ia mengungkapkan, untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru. Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA. 

“Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun, melainkan cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding,” jelas Suprapto.

Kebijakan ini, masih kata Suprapto, merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih mengenal dengan aplikasi layanan online tiket KA. 

"Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun," tuturnya.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait tata cara reservasi tiket KA Lokal via KAI Access serta informasi tentang KAI lainnya, dapat menghubungi Contact Center KAI di 121/021-121 (24 jam), atau mengunjungi petugas Customer Service yang ada di Stasiun,” imbuh Suprapto.

Saat ini, pengguna KA Komuter / KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, untuk kondisi weekday rata-rata antara 19 ribu sampai dengan 22 ribu penumpang setiap harinya." Sedangkan untuk kondisi weekend rata-rata penumpang mencapai antara 23 ribu 25 ribu penumpang setiap harinya," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00