• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Pasca Bentrok Mahasiswa Papua, Walikota Malang Imbau Mahasiswa Cintai NKRI

15 August
16:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Mahasiwa yang sedang menimba ilmu di Kota Malang diminta untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta cinta tanah air. Sebab hal itu merupakan salah satu cara agar konflik antar kedaerahan tidak harus terjadi di kota pendidikan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Malang, Sutiaji di sela kuliah tamu Pengenalan Budaya Akademik dan Mahasiswa Fakultas Syariah di UIN Malang, Kamis (15/8/2019). Seruan ini diungkapkanya pasca adanya aksi demo Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) yang berujung kericuhan di Jalan Basuki Rahmad Kota Malang.

“Cinta tanah air adalah kunci persatuan dan kesatuan kita. Indonesia memiliki  Pancasila dan bendera merah putih yang mampu menyatukan kita,” kata Sutiaji di hadapan mahasiswa.

Menurutnya, semangat yang tertuang dalam Pancasila sebagai dasar negara adalah semangat persatuan agar bangsa tidak mudah dipecah belah oleh berbagai kepentingan.

“Ketika bangsa ini kuat dan bersatu, maka cita-cita bangsa untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bisa tercapai,” tandasnya.

Bhumi Arema, lanjut Sutiai, juga memiliki semangat persatuan dan kesatuan yang kuat dengan slogan 'Salam Satu Jiwa'. Slogan ini menjadi pertanda bahwa  warga Malang sangat mencintai persatuan dan kedamaian dengan meminimalisir konflik.

"Saya berpesan kepada mahasiswa agar bisa beradaptasi dengan budaya dan kearifan lokal yang sudah tertanam di masyarakat Kota Malang. Dengan begitu,  mahasiswa bisa berbaur dan menimba ilmu dengan baik serta bersosialisasi dengan warga sekitar kampus,” pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00