• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Aksi Demo Papua, Pemkot Malang Siap Pulangkan Oknum Mahasiswa Biang Ricuh

15 August
13:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Pemerintah Kota Malang tidak akan segan untuk memulangkan mahasiswa ke tempat asalnya jika membuat kericuhan di wilayah Kota Malang. Hal itu menyusul adanya aksi demo mahasiwa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia for West Papua yang berujung kericuhan di kawasan Jalan Basuki Rahmad, Kamis (15/8/2019).

"Opsi tersebut (mengembalikan ke daerah asal) sudah pernah kami lakukan ketika dulu pernah ada kericuhan mahasiswa di Malang. Tidak menutup kemungkinan akan kami lakukan lagi," tegas Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

Demo tersebut sempat diwarnai aksi lemparan batu antara mahasiswa dan aliansi warga yang menolak demo. Akibatnya, lokasi kejadian yang merupakan jalan protokol Kota Malang sempat diblokade. Pertokoan dan perkantoran di wilayah tersebut juga sempat ditutup. 

"Keributan yang terjadi bisa mambahayakan masyarakat Kota Malang, apalagi, sempat terjadi aksi anarki, yakni melempar batu dan aksi baku hantam. Kalau misalnya sampai terjadi kerusakan dan melukai warga, itu masuk ranah pidana. Hal tersebut membahayakan masyarakat Kota Malang," katanya. 

Pria yang kerap disapa Bung Edi ini pun mengimbau pihak-pihak yang ingin melakukan aksi demo, agar menyampaikan asipirasinya sesuai dengan aturan yang berlaku. "Kalau mau demo boleh, asal sesuai aturan, hargai masyarakat lain, jangan sampai menimbulkan kericuhan," tandasnya. (Foto Ist.)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00