• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Ketahui Plt Bupati Malang Ada di Cina, Peserta Unjukrasa Kecewa

25 July
14:16 2019
1 Votes (4)

KBRN,Malang: Puluhan warga desa Jambearjo, Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang kecewa, kedatangannya ke Pendopo Agung di jalan Agus Salim kota Malang tidak ditemui oleh Plt Bupati Malang, M Sanusi, untuk menyampaikan sejumlah tuntutan warga terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang disinyalir warga ada kecurangan.

Puluhan warga membubarkan diri setelah 9 orang perwakilannya ditemui oleh Pejabat di lingkungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Kendati demikian, sejumlah peserta aksi massa kecewa, karena tidak ditemui langsung oleh Plt Bupati Malang.

"Kami berharap ditemui pak Plt Bupati, tapi aksi massa kami tidak ditemui. Memang ada 9 orang perwakilan kami yang ditemui oleh pihak Pemkab," ungkap Juru Bicara unjukraja, Ahmad Soleh, Kamis (25/7/2019).

Diketahui Plt Bupati Malang kini tengah ada di Negara Cina untuk melakukan kunjungan di bidang Pertanian, sehingga tidak bisa menemui para peserta aksi massa.

" Kami kecewa, kecewa, kami datang Pak Plt Bupati Malang ngelencer (kunjungan; red) ke cina," terang Soleh.

Bahkan, Soleh menyebut sewaktu belum menjadi Plt Bupati dan saat masih menjabat sebagai Wakil Rakyat, M Sanusi disebut sebut seringkali datang ke desa Jambearjo untuk meminta dukungan warga, tetapi kini, kata Soleh, saat warga datang ke Pendopo Agung justru tidak ada di tempat.

" Sewaktu belum jadi saja selalu ke Jambearjo dan menyampaikam saya minta tolong pak, saya minta tolong bu, setelah jadi ga ingat lagi," kata Soleh menirukan ucapan Plt Bupati Malang kala berkunjung ke Tajinan.

Sehingga, lanjut Soleh, masyarakat kecewa datang ke kantor Bupati Malang untuk menyampaikan aspirasi, tetapi justru diketahui tengah ada di Cina.

Terpisah Seketaris Daerah Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono membenarkan Plt Bupati Malang, M Sanusi tengah berada di Cina untuk melakukan kunjungan kerja di bidang Pertanian.

" Oh itu diundang itu, diundang ke Cina Senin lalu berkaitan dengan Pertanian," jelas Didik.

Nantinya kata Didik, hasil kunjungan ke Cina terkait pertanian akan diterapkan di Kabupaten Malang. Diantaranya Bagaimana cara panen padi yang sekarang di Kabupaten Malang setahun dua kali, bisa menjadi tiga kali.

Disinggung lokasi persis kota yang dikunjungi di Cina, Didik mengaku tidak mengetahui, yang jelas Plt Bupati Malang tidak sendiri, tetapi bersama sejumlah Pejabat, diantaranya Pejabat Dinas Pertanian dan sejumlah Pejabat dsri OPD lainnya. Informasi yang berhasil dihimpun RRI, diperkirakan rombongan Plt Bupati Malang itu akan berada di Cina hingga 30 Juli mendatang.

Sementara ditanya sudahkah mendapat Ijin dari Pemerintah Pusat terkait kunjungan Plt Bupati Malang ke Cina itu, Mantan Inspektorat tersebut mengaku menjelaskan telah mendapatkan ijin dari Kementeria Luar Negeri.

Seperti diunggah RRI sebelumnya, Puluhan warga desa Jambearjo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang menduduki Pendopo Kabupaten Malang di jalan Agus Salim kota Malang. Warga menuntut Pemkab Malang untuk melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ulang, sebab Pilkades yang digelar serentak pada 30 Juni lalu dinilai sarat kecurangan.(Sp)

  • Tentang Penulis

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

  • Tentang Editor

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00