• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

PRT di Kota Malang Ini Nekat Bawa Kabur Berlian Majikan Senilai Rp 850 Juta

16 July
08:31 2019
1 Votes (2)

KBRN, Malang: Aksi nekat dilakukan oleh DY, seorang pembantu rumah tangga di Kota Malang. Ia membawa lari perhiasan dan berlian milik majikannya di kawasan Jalan Borobudur. Ditaksir, perhiasan itu harganya mencapai Rp 850 juta. Kini, DY harus mendekan di jeruji besi tahanan Polres Malang Kota untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Wakapolres Malang Kota, Kompol Arie Trestiawan mengatakan, pencurian itu diduga terjadi saat lebaran Idul Fitri lalu. Namun, korban yang merupakan majikannya sendiri baru menyadari sebulan setelah kejadian. 

"Tersangka bekerja sebagai PRT kurang lebih 6 bulan di rumah korban. Sebulan lalu, tersangka meninggalkan tempat tanpa izin korban. Lalu  koban baru menyadari ketika mencari ada pakaian yang hilang. Ketika korban berinisiatif melihat kotak perhiasan di bawah tempat tidur, ternyata sudah tidak ada," papar Kompol Arie, Selasa (16/7/2019).

Mengetahui perhiasannya raib, korban pun melapor pada polisi. Kemudian DY berhasil ditangkan di salah satu villa di Kota Batu. Saat itu, janda anak satu ini sedang liburan bersama kekasihnya. "Selain tersangka, kami juga menangkan pasangan suami istri dengan inisial DS dan SS bersama uang sekitar Rp 250 juta. Mereka adalah penadah barang curian DY," ungkapnya.

Dari13 jenis perhiasan yang dicuri, polisi hanya berhasil mengamankan 5 perhiasan. Sisanya sudah dijual oleh tersangka untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. "Kepada polisi, tersangka mengaku baru mencuri sekali, tetapi kita masih terus melakukan pengembangan," 

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 ayat 3 subsider pasal 362 KUHP pidana jo pasal 65 KUHP pidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00