• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Operasi Gempur, Bea Cukai Malang Amankan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

15 July
08:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Meski penertiban rokok ilegal terus dilakukan, namun peredarannya masih marak terjadi di wilayah Kota dan Kabupaten Malang. Dalam operasi gempur yang digelar Kamis (11/7/2019) lalu, petugas Bea Cukai Malang berhasil mengamankan ribuan batang rokok ilegal di dua lokasi yang berbeda. Yakni di Dusun Krajan Kidul, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, dan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Kepala Kantor Bea Cukai Malang, Rudy Hery Kurniawan mengatakan, di wilayah Kabupaten Malang, petugas melakukan operasi dengan mendatangi toko-toko di wilayah Kecamatan Gedangan. "Dari hasil pemeriksaan, petugas mendapati barang bukti berupa rokok ilegal sebanyak 6.345 bungkus atau sebanyak 120.252 batang," ujar Rudy, Senin (15/7/2019).

Sementara di wilayah Kota Malang, petugas berhasil menggagalkan pengiriman 45 karung barang kena cukai ilegal berupa tembakau iris dengan total berat 1,44 ton. Selain menyita ratusan ribu batang rokok ilegal, petugas yang mengamankan sebuah truk yang digunakan pelaku untuk mengangkut barang kena cukai ilegal berupa tembakau iris. "Saat ini, seluruh barang bukti itu dibawa ke kantor untuk penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Dari hasil dua operasi tersebut, sambung Rudy, ditaksir kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 70.383.000. Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap penelitian lebih lanjut oleh tim penyidik. “Kami optimis dengan semakin digalakkannya operasi gempur rokok ilegal, peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya dapat terus ditekan. Tentunya hal tersebut akan beriringan dengan meningkatnya penerimaan negera di sektor cukai,” pungkasnya.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00