• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Polres Malang Kota Ringkus Pelaku Pencurian 95 Unit HP

9 July
13:51 2019
1 Votes (3)

KBRN, Malang: Satreskrim Polres Malang Kota berhasil menangkap NR (39), warga Jalan Terusan Batubara, Kota Malang. Ia merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan sebanyak 95 unit handphonne (HP) dan tablet di salah satu gudang logistik yang terletak di kawasan Jalan LA Sucipto.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan, pelaku berhasil ditangkap pada 5 Juli 2019 lalu. Sementara pencuriannya, terjadi pada April lalu. "Pelaku berhasil ditangkap karena aksinya terekam dalam CCTV yang terpasang di gudang itu," katanya, Selasa (9/7/2019).

Pencurian puluhan unit HP tersebut berawal ketika tersangka melewati gudang logistik sektar pukul 02.30. Saat itu, satpam gudang tiba-tiba keluar meninggalkan pos. Begitu mengetahui pengamanan lengah, pelaku langsung memanjat pagar gudang. "Setelah itu pelaku langsung mengambil 95 unit HP yang tersimpang di gudang," ujar Asfuri.

Setelah berhasil mengambil puluhan unit HP, pelaku langsung menjual barang curian itu ke sejumlah orang dengan harga Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per buah. "Uang hasil penjualan digunakan untuk melunasi hutang dan mencukupi kebutuhan sehari-hari," ungkap Asfuri.

Dari 95 unit HP curian, polisi hanya berhasil mengamankan empat unit tablet. Paalnya, barang curian lainnya telah laku dijual. Terkait adanya kemungkinan keterlibatan orang dalam gudang, polisi masih terus melakukan pendalaman. "Kita dalami apakah tersangka juga melakukan pencurian di tempat lain. Soal jumlah kerugian kami masih belum tahu, karena korban juga masih melakukan penghitungan," tandasnya.

Akibat perbutannya, tersangka yang merupakan residivis kasus pencurian dan penganiayaan ini dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00