• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Antisipasi Kekeringan, Petani di Kota Batu Dapatkan Edukasi Soal Irigasi

8 July
10:24 2019
1 Votes (3)

KBRN, Batu: Berada di kawasan dataran tinggi, ektor pertanian menjadi salah satu komoditi unggulan di Kota Batu. Ancaman kekeringan di musim kemarau  menjadi hal yang harus diantisipasi. Untuk itu, Dinas Pertanian Kota Batu pun mulai bersiaap antisipasi kekeringan dengan melakukan sosialisasi pembagian air irigasi kepada petani dan sejumlah pemilik lahan.

Sekretaris Dinas Pertanian Kota Batu, Hendry Suseno mengatakan, ada dua hal yang dilakukan guna mengantisipasi ancaman kekeringan di kota wisata. Yakni, rotasi tanaman dan pengaturan irigasi. "Dua langkah ini diperlukan karena tidak mungkin memanfaatkan sumur air bor sebagai cadangan air untuk kawasan persawahan di Kota Batu," katanya, Senin (8/7/2019).

Selain mensosialisasikan kepada petani terkait pendistribusian air irigasi, Dinas Pertanian Kota Batu juga mengirimkan surat kepada sejumlah lembaga atau pemilik lahan yang juga menggunakan saluran irigasi. Di wilayah Kota Batu, daerah yang paling rawan terjadi kekeringan adalah kawasan pertanian di Desa Pendem. "Jangan sampai lahan pertanian kekurangan air," tutur Hendry.

Menurutnya, kekurangan air biasanya terjadi kerena ada pihak yang membendng air melebih batas waktu yang ditentukan. "Sehingga diperlukan penataan dan pembatasan waktu pendistribusian air secara bergantian," ujar dia.

Sementara rotasi tanaman ini biasanya dilakukan petani dengan menggantikan tanaman yang biasanya bergantung dengan air cukup banyak, kemudian diganti dengan tanaman yang tahan air. "Saat musim kemarau tanaman yang minim air seperti jagungsangat cocok,"  tandas Hendry. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00