• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Mahasiswa di Kota Malang Jadi Pengedar Ganja

20 June
20:54 2019
1 Votes (5)

KBRN, Malang: Sebagai salah satu kota pelajar, bahaya narkoba mengintai Kota Malang. Bahkan tak jarang ditemui kasus peredaran narkoba yang dilakukan oleh oknum mahasiswa. Rumah kos pun juga dijadikan markas peredaran barang terlarang ini. Satreskoba Polres Malang Kota berhasil menangkap jaringan pengedar narkoba di kalangan mahasiswa.

"Rumah kos digunakan untuk penyalahgunaan narkotika jenis ganja, kemudian tim dipimpin oleh Kasat Reskoba menggerebek dan menangkap dua tersangka dengan inisial MIM dan JSP," kata Wakapolres Malang Kota, Kompol Ari Trestiawan, Kamis (20/6/2019).

Dari pengembangan kasus, ternyata narkoba tersebut didapat dari seseorang berinisial MSP, kemudian dilakukan pengembangan lagi dan berhasil menangkap MIL yang merupakan kosumen JSP. "Kami juga masih mencari seorang yang masih DPO, infomasinya dia berasal dari Sumatera Utara," tutur Ari.

Dari penangkapan jaringan ini, total kepolisian berhasil mengamankan empat orang tersangka dengan barang bukti sebanyak 373,52 gram ganja kering. Ganja kering itu dikemas menjadi 60 paket kecil seharga Rp 100 ribu per paketnya. "pengedar mendapatkan harga Rp 50 ribu per paket, sehingga keuntungannya dua kali lipat," ujarnya.

Pada polisi, tersangka yang masih berusia mulai 19 hingga 23 tahun ini mengaku baru sekali mengedarkan dan menyimpan ganja. Namun kepolisian masih akan terus melakukan pengembangan. "Kita masih kembangkan, pengakuan tersangka baru sekali. Empat tersangka ini merupakan sekelompok teman," imbuh Kompol Ari.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenai pasal 111 ayat 11 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman hukuman penjara 4-12 tahun. Selain itu, bagi pengedar dikenai pasal 112 dengan ancaman hukuman penjara 5-20 tahun. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00