• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Gelombang Tinggi Malang Selatan, Harga Ikan Laut di Pasar Melejit

17 June
12:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi di pantai selatan berpengaruh pada ketersediaan ikan laut di pasar tradisional. Di Kota Malang, beberaa jenis ikan laut mengalami kelangkaan. Sedangkan jenis ikan laut yang tersedia mengalami kenaikan harga mencapai Rp 5-10 ribu per kilogramnya.

Di Pasar Besar Malang, sejumlah kios ikan miliki pedagang tak penuh seperti biasanya. Beberapa jenis ikan laut dalam tidak tampak, diantaranya ikan kakap putih, tengiri, marlin, dan ikan kerapu. Stok ikan yang biasanya melimpah di lapak pedagang, kini tampak berkurang.

"Kelangkaan ini terjadi karena cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi pantai selatan. Selama ini, kai mendapatkan pasokan ikan laut dari pantai selatan dan pantai utara," kata Alif Rizal, salah seorang pedagang ikan laut di Pasar Besar Malang, Senin (17/6/2019).

Kelangkaan ini berimbas pada naiknya harga ikan laut. Jika biasanya ikan Kakap Merah dijual Rp 60 ribu per kikogram, kini dibanderol Ro 65 ribu per kilogram. "Kalau Ikan Dorang saat ini naik jadi Rp 60 ribu per kilogram, padahal sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram. Naiknya Rp 10 ribu per kilogram," ujarnya.

Tak hanya harga yang naik, namun pasokan ikan laut juga berkurang drastis. Jika biasaya pedagang mampu memasok hingga 50 kilogram untuk setiap jenis ikan laut, namun kini pedagang hanya bisa memasok 15-20 kilogram jenis ikan laut. "Semoga saja seminggu ke depan cuacanya mulai membaik, sehingga pasokan dan harga kembali normal," harapnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00