• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Kota Malang Rawan Macet Saat Libur Lebaran, Simak Rekayasa Lalin Ini

7 June
07:26 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kota Malang menjadi salah satu kawasan rawan kemacetan saat momen libur lebaran seperti saat ini. Pihak kepolisan pun telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi. Mengingat kota ini menjadi akses bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Batu maupun Kabupaten Malang.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro mengakui jika sejak H-3 lebaran lalu terkait peningkatan volume kendaraan khususnya dari arah Utara atau Surabaya menuju Malang. "Untuk arus lalin

sudah disiapkan beberapa alternatif kami juga sudah koordinasi dengan Polres Batu dan Polres Malang," ujarnya, Jumat (7/6/2019).

Jika terjadi kemacetan dari arah utara menuju jantung Kota Malang, jalur akan dialihkan menuju timur melalui fly over ataupun Jalan Raden Intan. "Kalau macetnya parah, kita koordinasi dengan Polres Malang, nantinya masyarakat dari Surabaya yang akan ke Kota Batu diarahkan lewat Karanglo dan Karangploso Kabupaten Malang, sehingga tidak perlu masuk ke kota," kata Galang.

Menurutnya, keberadaan tol Malang-Pandaan berpengaruh terhadap antusiasme warga luar untuk berkunjung ke Malang. Namun sayang, sarana lalu lintas di sekitar tol masih kurang mendukung. Akibatnya, antrean menuju pintu masuk tol tidak dapat dihindari. "Berkat adanya tol, luar biasa antusias masyarakat dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya, sementara sarana prasarana kurang mendukung. Underpass jarang digunakan, sehingga menyebabkan antrean mengula di pintun masuk tol ke kota," ungkapnya.

Tak hanya antisipasi kemacetan, kepolisian juga berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, kepolisian mengimbau pengguna jalan mematuhi peraturan lalin, serta patuhi arahan petugas di lapangan. "Rambu larangan parkir sembarangan juga harus dipatuhi, karena parkir liar itu juga menjadi salah satu penyebab kecamatan. Jangan tinggalkan barang berharga di kendaraan, tetap siaga menjaga keselamatan diri dan orang lain," imbaunya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00