• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan & Keamanan

Amankan Stasiun Malang, Anjing Pelacak Bakal Diturunkan

30 May
08:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Anjing pelacak dari unit K-9 akan diturunkan untuk membantu pengamanan di Stasiun Kotabaru Malang dalam rangka pengamanan arus mudik-balik Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Rencananya, anjing pelacak itu akan diturunkan pada awal puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada H-4 lebaran atau 1 Juni 2019 mendatang.

Kepala Stasiun Kotabaru Malang, Radne Anyarso Tulad mengungkapkan, pengaman di stasiun saat lebaran diperketat dibandingkan hari biasa. "Keamanan di stasiun kita dibantu dua personel dari Polsek, dan satu personil dari Koramil. Kita juga dibantu K-9 atau anjing pelacak akhir pekan ini," tuturnya, Kamis (30/5/2019).

Anjing pelacak itu, sambung Radne, hanya untuk berjaga-jaga atau mengantisipasi adanya kemungkinan penumpang yang membawa barang berbahaya. "Membantu keamanan, untuk mungkin ada barang bawaan penumpang yang tidak diperbolehkan, sehingga bisa terdeteksi," katanya.

Selain tenaga pengamanan, bantuan tenaga medis juga disiagakan selama arus mudik-balik. Sejak 26 Mei lalu, di stasiun tersebut sudah ada bantuan tambahan tenaga kesehatan dari luar. "Sedangkan tenaga dokternya hanya ada satu orang, tetapi siap on call selama 24 jam," ujar Radne. 

Pria asal Solo ini menambahkan, pihaknya juga menyiapkan  customer service mobile sebanyak enam orang. CS mobile tersebut ditugaskan untuk berkeliling di sekitar stasiun memberikan informasi yang dibutuhkan penumpang. "Mereka juga menyisir penumpang, jangan sampai ada yang salah naik kereta, atau penumpang yang tidak tahu mau beli tiket di mana," ungkapnya.

"Karena penumpang lebaran dengan penumpang hari biasa itu berbeda. Kalau hari biasa mereka yang sudah terbiasa naik kereta, tetapi lebaran ini banyak penumpang yang baru naik kereta, mungkin agak kurang familiar dengan stasiun. Oleh karena itu, ada penambahan customer service mobile," imbuh Radne. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00