• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan & Keamanan

620 Personil Siap Amakan Kota Malang Selama Lebaran

28 May
10:30 2019
1 Votes (5)

KBRN, Malang: Sebanyak 620 personil siap melakukan pengamanan di wilayah Kota Malang selama lebaran 1440 H. Ratusan personil yang tergabung dalam Operasi Ketupat Semeru 2019 itu meliputi 420 personil kepolisian, 60 personil TNI , Pramuka, serta relawan.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan, ratusan personil pengamanan itu disiagakan di sejumlah titik, khususnya di enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang dibangun kepolisian. 

"Enam pos tersebut meliputi pos PDAM lama Jalan Ahmad Yani, pos Terminal Arjosari, pos simpang empat Sawojajar, pos Landungsari, pos Mitra 1 Jalan KH Agus Salim, dan pos Kacuk. Sedangkan pos pelayanan ditempatkan di depan Stasiun Kotabaru," papar Asfuri usai apel kesiapan pasukan Operasi Ketupat Semeru di Alun-alun Merdeka Malang, Selasa (28/5/2019).

Menurutnya, pengamanan lebaran tahun ini lebih diperketat dibandingkan lebaran tahun sebelumnya. Sebab, selain pengamanan lebaran, kepolisian juga masih mengamankan rangkaian tahapan pemilu. "Dengan kondisi ini, kita tetap antisipasi segala kemungkinan baik teror dari keplompok intoleransi, maupun gangguan kamtibmas lainnya," ungkapnya.

Sementara untuk potensi kerawanan  yang terjadi wilayah Kota Malang, diantaranya curanmor, curat, dan jambret. Untuk itu, kepolisian mengimbau warga yang mudik agar menitipkan rumahnya pada tetangga atau security. "Selain itu, sebelum berangkat mudik supaya mengecek kondisi rumah, jendela, aliran listrik, dan gas," imbau  Asfuri.

Selain pengamanan di pospam, patroli di wilayah juga akan diakukan di masing-masing Polsek. Salah satu daerah yang menjadi fokus pengamanan yakni Kecamatan Lowokwaru. Pasalnya, di wilayah tersebut merupakan tempat tinggal bagi warga pendatang atau mahasiswa dari luar Malang. 

"Saat lebaran akan banyak perumahan dan yang ditinggalkan penghuninya, terutama di wilayah Lowokwaru yang notabebne merupakan banyak warga pendatang, jadi patroli akan sering dilakukan," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00