• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Viral Video Berbuka Puasa dengan Bir, LIRA Lapor ke Polisi

20 May
15:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Video berisi tentang acara berbuka puasa bersama di salah satu hotel di Kota Malang sempat menggegerkan dunia maya. Pasalnya, dalam video tersebut menggambarkan suasana berbuka puasa yang digelar salah satu merk handphone terkenal. Namun ironisnya, bir menjadi salah satu minuman dalam acara berbuka tersebut.

Video itu membuat sejumlah warga geram. Bahkan Lumbung Informasi Rakyat (LIRA)  Malang melaporkan dugaan penistaan agama ke Polres Malang Kota, Senin (20/5/2019). "Kami merespon adanya video yang viral di media sosial. Laporan kami bentuknya pengaduan masyarakat," kata Koordinator LIRA Malang Raya HM Zuhdy Ahmadi. 

Menurutnya, dalam video tersebut terdapat ajakan berbuka puasa dengan bir. Hal itu dinilai dapat menimbulkan keresahan dan kebencian antara satu dengan yang lain. "Kita sebagai umat Islam melihat itu sebagai penodaan agama. Kita menceritakan kronologinya, kita sampaikan pada kepolisian. untuk diklarifikasi. Saat ini kita gunakan asas praduga tidak bersalah, hasilnya kita serahkan ke kepolisian," tuturnya.

Saatini, pihak manajemen penyelenggara acara dan pihak hotel yang menjadi tempat penyelenggaraan telah dipertemukan dengan pemuka agama. Permintaan maaf juga telah disampaikan. Namun, bagi LIRA, jika ada dugaan penistaan agama, tetapi harus ada proses hukum. 

"Kita sampaikan ini pengadan masyarakat, kita tidak menghakimi. Sah-sah saja mereka sudah meminta maaf, tetapi hal itu tidak dapat menghapus dugaan kesalahan yang dilakukan. Ini membuat warga kecewa, bahkan memicu kebencian," ujar Zuhdy.

Ia menambahkan, upaya untuk menghormati bulan Ramadan merupakan norma. Namun kali ini LIRA menyoroti dari sisi hukum. "Kami akan mendukung apapun yang dilakukan penegak hukum dan penegak perda," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00