• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Penetapan Caleg Terpilih DPRD Kabupaten Blitar Tunggu Keputusan KPU dan MK

18 May
23:38 2019
1 Votes (5)

KBRN, Blitar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menjadwalkan, pleno penetapan caleg terpilih DPRD Kabupaten Blitar dan perolehan kursi dilakukan tiga hari setelah pleno rekapitulasi dan penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat nasional. Pleno rekapitulasi nasional itu dilaksanakan mulai 22 Mei 2019 mendatang.

"Penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih akan dilaksanakan setelah putusan KPU RI secara nasional. Kemudian setelah itu, dimungkinkan akan ada perselisihan atau gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi," kata Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Afifah, Sabtu (18/5/2019).

Menurutnya, jika tidak ada gugatan, maka penetapan caleg DPRD Kabupaten Blitar terpilih dan perolehan kursi bisa dilakukan. Namun jika ada gugatan, maka akan menunggu sampai selesai putusan Mahkamah Konstitusi, baru kemudian bisa menetapan caleg terpilih dan perolehan kursi. 

"Jika tidak ada gugatan, direncanakan nanti pleno penetapan caleg terpilih dan perolehan kursi dilakukan pada tanggal 27 atau 28 Mei 2019," tuturnya.

Imron menambahkan, setelah melalui proses tersebut, maka hasil pleno penetapan caleg terpilih dan perolehan kursi DPRD Kabupaten Blitar baru bisa diumumkan kepada masyarakat. (nin/num)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00