• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Ada Nilai Edukasi dalam Wisata Ramadhan Dompet Dhuafa di Malang

18 May
12:17 2019
2 Votes (4.5)

KBRN,Malang: Dompet Dhuafa mengajak kaum muslimin di Tanah Air, khususnya di Malang Raya untuk memaknai ramadhan dan mengisi bulan suci dengan sesuatu yang produktif. Karenanya Dompet Dhuafa menggelar Wisata Ramadhan pada 1440 Hijriyah tahun ini.

" Tujuan dari wisata ramadhan Dompet Dhuafa ini bagaimana untuk mengajak kaum Muslimin di Malang agar memaknai ramadhan menjadi sesuatu yang produktif. Biasanya orang ramadhan malas ngantuk dengan wisata ini bisa segar seperti berwisata," ungkap Panitia Wisata Ramadhan Dompet Dhuafa, Kholid Abdillah kepada RRI, Sabtu (18/5/2019).

Wisata Ramadhan Dompet Dhuafa itu digelar di desa Tawangsari, Kecamatan Pujon selama dua hari, sejak hari Sabtu (18/5/2019) hingga Minggu (19/5/2019) besok. Beragam agenda dilakukan selama Wisata Ramadhan dilakukan. Nilai nilai edukasi mewarnai Wisata Ramadhan Dompet Dhuafa, diantaranya, Training Leadership, Tip Sukses Ramadhan hingga Tadabur Alam dan sejumlah nilai edukasi lainnya yang diberikan selama dua hari.

"Ada beberapa nilai edukasi yang kami berikan diantaranya Tadabur Alam dan Muhasabah," terangnya.

Kholid menjelaskan, edukasi diberikan kepada semua kalangan, terbanyak kepada generasi muda untuk memberikan tambahan karakter positif dalam menghadapi era yang dinilai semakin destruktif. Terlebih banyak generasi muda yang "gandrung" terhadap Gadget.

" Seperti kita tahu saat ini banyak sekali hal yang perlu kita berikan tambahan karakter positif bagi anak muda menghadapi era sekarang, era yang lebih banyak anak muda ke gadget," jelasnya.

Sebab itu, peserta Wisata Ramadhan yang berasal dari berbagai daerah itu juga diberikan pelatihan berocok tanam, mengenal tanaman. Intinya lanjut Kholid, memadukan sains dengan praktek di lapangan. Mulai dari kegiatan kegiatan yang bersifat tradisional, keagamaan dan kehidupan sosial.

Ia mengaharapkan, dengan Wisata Ramadhan Dompet Dhuafa itu, generasi muda lebih bisa mengenal alam, mengenal lingkungan dan jasa para petani serta orang orang tradisional.

" Dengan kegiatan ini mereka (peserta;red) bisa lebih mengenal alamnya mengenal lingkungan dan jasa para petani dan sebagainya," jelasnya.

Ditambahkan, Wisata Ramadhan  Dompet Dhuafa  dilakukan setiap tahun. Bahkan usai Wisata Ramadhan akan ada banyak program terintegrasi. Mulai dari program pemberdayaan, peternkanan, pertanian, pendidikan hingga tata busana yang keseluruhannya terintegrasi menjadi satu.(Sp/Lia)

  • Tentang Penulis

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

  • Tentang Editor

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00