• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Malang News

Getaran Gempa 4,9 SR dirasakan Warga di Malang Raya, BPBD Meminta Tetap Waspada

16 May
22:47 2019
4 Votes (4.3)

KBRN,Malang: Gempa berkekuatan 4,9 SR terjadi tepat pukul 21.39, Kamis (16/5/2019). Gempa dirasakan di beberapa daerah. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun kelas III Karangkates, Musripan menjelaskan Gempa terjadi persis pukul 21.39 Wib. Lokasi gempa pada 8.87 LS dan 112.48 BT.

"Lokasi gempa pada 82 kilometer Barat Daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 Km," urai Musripan kepada RRI, Kamis (16/5/2019) sesaat usai gempa melalui pesan Whatsapp.

Ia menjelaskan, getaran gempa dirasakan II hingga III MMI di beberapa daerah diantaranya, Kabupaten Malang, Pacitan, Pandaan Pasuruan, Malang, Blitar dan Lumajang. Gempa tersebut tidak menimbulkan Tsunami.

Kendati demikian, getaran gempa terasa kuat terjadi di wilayah Kabupaten Malang, diantaranya di Kecamatan Bantur yang berdekatan dengan pantai Balekambang Malang Selatan. Di lokasi itu getaran terasa cukup kuat.

Hal serupa juga terasa wilayah kecamatan Karangploso. Warga Perumahan Pesanggarahan Pratama D3/19 Karangploso, Bambang Guntur Wahyudi mengaku merasakan getaran gempa cukup kuat, tetapi tetap memilih berada di dalam rumah.

" Iya mas gempa cukup terasa di sini, tapi saya tetap di dalam rumah saja," kata Bambang.

Ia memilih bersantai di dalam rumah sebab dianggap sebagai fenomena alam biasa. Bahkan, tidak menyebabkan adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan mengaku hingga kini belum menerima adanya laporan kerusakan rumah penduduk di Kabupatem akibat peristiwa itu. Ia mengaku menerima laporan adanya gempa dari stafnya yang berada di Malang.

"Iya ada gempa barusan saya menerima pesan whatsapp dari teman teman di Malang. Kebetulan saya di Solo sedang tugas luar kota sehingga tidak terasa getaran gempa mas," terang Bambang Istiawan.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang untuk tetap waspada, tetapi tidak perlu panik.(Sp)

  • Tentang Penulis

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

  • Tentang Editor

    Syamsuddin Putra

    Reporter LPP RRI Malang-Sekali di Udara Tetap di Udara

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00