• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Tarik Minat Warga, KPPS Bagi-bagi Coklat di TPS PSU

25 April
11:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sejumlah cara dilakukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk menarik minat warga guna menyampaikan hak pilihnya dalam Pemilihan Suara Ulang (PSU). Salah satunya di TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Selain berpakaian tradisional ketika bertugas, warga yang sudah menyampaikan hak pilihnya mendapatkan hadiah coklat.

Suci Andayani, Ketua PPS Kelurahan Sukoharjo mengatakan, pemberian coklat itu sebagai bentuk apresiasi pada warga yang telah berpartisipasi dalam PSU. "Dengan diberi coklat, para pemilih datang senang, tidak merasa bahwa PSU itu menyeramkan. Makanya kita inisiatif memberi coklat, bentuk rasa terima kasih dari petugas untuk kedatangan mereka," kata Suci di sela proses pemungutan suara, Kamis (25/4/2019).

Menurut Suci, pakaian tradisional yang digunakan KPPS masih menyambut suasana perayaan hari Kartini. Sedangkan coklat menjadi hadiah bagi warga di perayaan tersebut. Apalagi, ia menilai jika antusiasme warga RT 3,4, dan 5 RW 06 Sukoharjo tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan Pemilu pad 17 April lalu. "Kami senang, warga tetap bisa membagi waktu. Ini kan hari kerja, mereka pagi sudah datang untuk menyalurkan haknya, ada juga yang datang siang. Kami apresiasi hal ini," tuturnya.

Di TPS tersebut, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 262 orang dengan jumlah DPK 7 pemilih. Dalam PSU ini, ada empat jenis pemiliham yang diulang, yakni pemilihan DPR RI, DPRD Jatim, DPD, dan Pilpres. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00