• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Meski PSU, KPU Kota Malang Optimis Partisipasi Pemilih Tetap Tinggi

24 April
14:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Pemungutan Suara Ulang (PSU) harus dilakukan di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Malang, Kamis (25/4/2019) besok. Meski proses pemungutan suara dilakukan di hari aktif, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimis partisipasi pemilih tetap tinggi. 

Pasalnya, dengan pemilihan di hari aktif, dikhawatirkan partisipasi warga untuk menyampaikan hak pilihnya menjadi rendah. Berbeda dengan Pemilu 17 April yang diputuskan sebagai hari libur nasional.

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Aminah Asminingtyas mengatakan, PSU ini dilakukan mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2019. "Dalam aturan itu, PSU dibatasi maksimal 10 hari setelah proses pemungutan suara, sehingga kami memilih untuk melaksanakan di tanggal 25 April," katanya, Rabu (24/4/2019).

Untuk menarik partisipasi pemilih, KPU telah melakukan sosialisasi lanjutan dengan menggandeng sejumlah pihak. Mulai dari kecamatan, sekolah-sekolah, serta pihak lainnya. Meskipun KPU Kota Malang tidak menyebutkan secara rinci prosentase target partisipasi pemilih di tiga TPS yang mengadakan PSU. 

"UU mengatur bahwa PSU boleh dilaksanakan hari kerja atau hari libur, karena dalam rentang PSU hanya ada di hari kerja, maka kita tetapi harus melaksaakan sebelum batas waktunya berakhis. Meski demikian, kita tetap mengumumkan pada masyarakat dengan segala daya, supaya partisipasinya tetap baik," tandas Aminah.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Kota Malang akan menggelar PSU di tiga TPS. PSU tersebut dilakukan lantaran Bawaslu menemukan adanya kesalahan pemungutan suara sejumlah TPS. Pemungutan suara ulang itu dilakukan di TPS 9 Kelurahan Bunulrejo, TPS 17 di Kelurahan Sukorajo, dan TPS 14 di Kelurahan Penanggungan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00