• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Mengintip Persiapan Warga Kota Malang Menjelang PSU

24 April
14:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Pemungutan Suara Ulang (PSU) harus dilakukan di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Malang. Di TPS 17 Kelurahan Sukoharjo misalnya, 262 warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus mengikuti proses pemilihan suara ulang pada Kamis (25/4/2019) besok. PSU tersebut digelar lantaran adanya kesalahan petugas memberikan surat suara kepada warga pendatang yang melakukan pemilihan di TPS tersebut. 

Dalam rangka PSU ini, Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Klojen ini tidak membangun TPS khusus. Proses pemungutan suara ditempatkan di sebuah aula yang letaknya berada di samping musholla Ar-Rahmah tempat warga kampung tersebut biasa beribadah. Kursi dan papan pun sudah ditata untuk proses pemilihan ulang. 

"Kampung kami tidak punya lapangan terbuka, sehingga TPS ditempatkan di musholla," ujar Imam Sodikin, koodinator Linmas RW 06.

Menurutnya, mekanisme pemungutan suara dan pengawalan pengamanan masih sama seperti Pemilu 17 April lalu. Warga pun baru mendapatkan kepastian untuk melakukan PSU pada Minggu (21/4/2019) lalu. "Hari Minggu dikabari kalau ada PSU, jadi kami langsung bersiap membuat undangan. Saat ini semua undangan untuk DPT di RT 3,4, dan 5 sudah tersebar semuanya," katanya. 

Pihaknya optimis warga di kawasan tersebut tetap antusias menyampaikan hak pilihnya meskipun pada saat PSU merupakan hari aktif. Bukan haru libur seperti saat pelaksanaan Pemilu 17 April lalu. "Saat membagikan undangan KPPS juga memeberikan imbauan pada warga untuk datang ke TPS," tandas Imam. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00