• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Menristekdikti Bakal Jalani Pemeriksaan Dugaan Pelanggaran Kampanye

22 April
10:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) , Moh. Nasir akan menjalani pemeriksaan di kantor Bawaslu RI di Jakarta, Selasa (23/4/2019) besok. Pemeriksaan itu dilakukan terkait 

proses pengusutan dugaan kampanye terselubung yang dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang berlanjut. 

Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Kota Malang, Rusmifahrizal Rustam mengatakan, meski pelaksanan Pemilu telah berlangsung pada 17 April lalu, namun proses pemeriksaan pelanggaran kampanye tetap dilanjutkan. Hal itu berdasarkan aturan Perbawaslu nomor 7 tahun 2018. 

"Dalam aturan itu berisi tentang penanganan pelanggaran pemilu dapat dilakukan selama 14 hari kerja sejak tanggal register perkara. Meskipun pemungutan suara sudah selesai kasusnya terus, karena masa kedaluwarsa kasus ini masih 29 April 2019," kata Rustam, Senin (22/4/2019).

Untuk persiapan pemeriksaan tersebut, maka tim Bawaslu Kota Malang hari ini bertolak ke Jakarta. "Semoga pemeriksaan ini berjalan lancar, karena ini merupakan panggilan kedua setelah yang pertama dulu pada 12 April lalu,  Pak Menteri Nasir tidak bisa hadir," ungkapnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Menristekdikti Moh. Nasir diduga melakukan pelanggaran Pemilu saat hadir sebagai pembicara di Universitas Brawijaya (UB) Malang, pada 27 Maret 2019 lalu. Moh. Nasir diduga memberikan ajakan pada mahasiswa untuk memilih calon presiden nomor urut 01.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00