• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

KPU Kota Malang Optimis Partisipasi Pemilih Capai Target 77,5 Persen

19 April
14:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang:  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang optimis partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 cukup tinggi jika dibandingkan pada pelaksanaan Pilkada 2018 lalu. Kali ini, KPU Kota Malang menargetkan partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu hasil rekapitulasi data untuk memastikan partisipasi pemilih di kota pendidikan itu. Saat ini rekapitulasi hasil pemilu masih di tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). "Prinsip kami menargetkan partisipasi sebagaimana target KPU RI 77,5 persen. Kami berupaya semaksimal mungkin agar target itu tercapai di Kota Malang," ujarnya, Jumat (19/4/2019).

Optimisme terkait partisipasi pemilih di Kota Malang tetap tinggi. Meskipun sejumlah lembaga survei menyebut bahwa angka golput di kota pendidikan masih cukup tinggi. "Kalau memang dari sejumlah lembaga survei menyebut tren sekarang golput sampai 30 persen itu sah-sah saja, tetapi KPU berusaha mencapai target yang sudah ditetapkan," tegasnya. 

Sejumlah upaya yang telah dilakukan KPU Kota Malang untuk meningkatkan partisipasi pemilih diantaranya melalui pembentukan relawan demokrasi, hingga kegiatan-kegiatan seperti konser musik yang melibatkan banyak generasi milenial. "Sejumlah upaya telah dilakukan untuk meningkatkan angka partisipasi utamanya untuk pemilih pemula," tutur Zaenudin.

Untuk diketahui, berdasarkan rekapitulasi Pilkada Kota Malang 2018 lalu, partisipasi pemilih baru menyentuh angka 65 persen.  Sedangkan pada Pemilu 2014 silam, partisipasi pemilih di angka 68 persen alias ada 32 persen yang golput.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00