• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik dan Pemilu

Terjadi Kesalahan Soal Surat Suara, Pemungutan Suara Ulang di Kota Malang Belum Dilakukan

19 April
13:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu Rabu (17/4/2019) di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Blimbing, Kota Malang sempat menuai polemik. Pasalnya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 

tidak membedakan surat suara bagi warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan pemilih tambahan (DPTb). 

Akibatnya, warga dari luar Malang Raya yang masuk dalam DPTb tetap mendapatkan lima lembar surat suara. Seharusnya, para pendatang itu hanya menerima surat suara pemilihan presiden (pilpres) dan DPD saja. Namun KPPS juga memberikan surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi Jatim dan juga DPRD Kota Malang. 

Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang masih belum memastikan soal wacana Pemungutan Suara Ulang (PSU). Padahal permasalahan ini telah dilaporkan pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang. 

"Kami masih terus berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Malang," kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar, Jumat (19/4/2019).

Dia juga belum menyebut secara rinci TPS yang diindikasikan ada kesalahan mekanisme itu. "Karena tentunya ada tahapan-tahapan sebelum memutuskan apakah ada PSU atau tidak," tuturnya.

Untuk diketahui, di Kecamatan Blimbing terdapat 504 TPS untuk 131.596 pemilih. Sedangkan menurut Bawaslu Jawa Timur, terdapat sekitar 9 TPS di Jatim yang berpotensi untuk PSU. Selain satu TPS di Kota Malang, juga ada di Surabaya, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Bangkalan, Mojokerjo, Gresik dan Ponorogo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00