• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Tersangka Guru Cabul di Kota Malang Akhirnya Ditahan

27 March
15:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sambil tertunduk dan menangis, IM (59) seorang guru di salah satu sekolah dasar negeri di Kota Malang akhirnya ditahan Polres Malang Kota. Guru mata pelajaran olahraga ini telah resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan pada sejumlah siswinya.

Kasat Reskrim Polres Malang Kota, AKP Komang Yogi Arya Wiguna mengatakan, penahanan terhadap IM dilakukan setelah kepolisian melakukan penjemputan paksa di rumahnya pada Jumat (22/3/2019) lalu. "Tersangka beberapa kali tidak memenuhi panggilan kepolisian dengan alasan sakit lambung, akhirnya kami jemput di rumahnya untuk ditahan," kata Komang saat ditemui di Mapolres Malang Kota, Rabu (27/3/2019).

Penangkapan terhadap tersangka, sambung Komang, berdasarkan laporan dua siswi SD kelas III dan V. Siswi ini mengaku pada polisi bahwa IM telah melakukan tindakan asusila di sekolah seperti ruang UKS ketika jam pergantian seragam setelah pelajaran olahraga. "Dengan laporan itu kita tindaklanjuti dengan proses pemeriksaan, visum dan penangkapan, serta penahanan terhadap tersangka," ungkapnya.

Pada polisi, IM mengaku telah melakukan perbuatan pelecehan seksual itu sejak Desember 2018. Meski baru dua korban yang resmi melapor, namun kepolisian sudah melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi. "Tersangka mengaku lupa jumlah pasti korbannya, tetapi bisa mengarah ke 20-an siswi," ujar Komang.

"Dari hasil pemeriksaan tersangka, tindakan asusila yang dilakukan tersangka dikarenaka  khilaf, apalagi statusnya duda selama 14 tahun," imbuhnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 82 UU 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman penjara 5 sampai 15 tahun penjara.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00