• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Amankan 3 Juta Batang Rokok Ilegal di Kabupaten Malang

26 February
13:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Malang mengamankan sedikitnya 3 juta batang rokok ilegal di sebuah pabrik rokok PT BK di kawasan Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang beberapa waktu yang lalu.

Plh. Kepala Kantor KPPBC TMC Malang, Surjaningsih mengatakan,  pengungkapan pelanggaran tersebut berawal ketika petugas Bea Cukai Malang sedangn melakukan kegiatan visiting. Visiting sendiri merupakan salah kegiatan petugas pengawasan Bea Cukai Malang, yaitu melakukan kunjungan ke pabrik guna melakukan pemeriksaan.

"Dari kegiatan tersebut, petugas menemukan adanya dugaan pelanggaran ketentuan di bidang cukai yang dilakukan oleh PT BK, yaitu melakukan produksi rokok dengan merek dan mesin yang belum dilaporkan ke Kantor Bea Cukai Malang," kata Surjaningsih, Selasa (26/2/2019).

Dari hasil penindakan ini, petugas Bea Cukai Malang mengamankan barang bukti sebanyak 3.1 juta batang rokok ilegal berjenis SKM dengan merek AZ dan SB yang terdiri dari 2 juta batang berbentuk batangan, sementara sisanya berbentuk kemasan. Nilai rokok ilegal yang berhasil diamankan kurang lebih sebesar Rp 782 juta lebih. 

"Saat ini, barang bukti tersebut dibawa oleh petugas ke kantor untuk diamankan dan penyelidikan lebih lanjut. Potensi kerugian negara yang ditimbulkan mencapai kurang lebih sebesar Rp 1,5 Miliar," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00