• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Masyarakat Diminta Waspada Penipuan Mengatasnamakan DJP Jatim III

11 February
15:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menghimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penipuan yang mengatasanamakan dirjen pajak. Hal itu setelah adanya penipuan surat yang mengatasnamakan Kanwil DJP  Jatim III, yang meminta bank untuk berpartisipasi dalam pemasangan iklan pada Majalah Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, 

dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III, Eko Budihartono mengatakan, pekan lalu ada surat yang mengatasnamakan Humas DJP Jatim III untuk meminta sejumlah uang pada salah satu bank swasta.

"Uang itu diminta dengan dalih kalau DPJ Jatim III membutuhkan dana untuk kegiatan sosialisasi PP 23 tentang UKM. Ini bentuk pelanggaran, karena mengatasnamakan DJP Jatim III untuk kepentingan pribadi," kata Eko pada RRI Malang, Senin (11/2/2019).

Ia menegaskan, jika Kanwil DJP Jawa Timur III tidak pernah mengirim surat permohonan pemasangan iklan terkait sosialisasi perpajakan atau apapun kepada bank/instansi/lembaga/masyarakat untuk dipasang pada Majalah Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur.

"Segala kegiatan publikasi materi perpajakan yang dilakukan Kanwil DJP Jawa Timur III tidak pernah melibatkan dan meminta partisipasi pihak lain dalam hal pendanaan," tegasnya.

Saat ini, baru ada satu instansi yang melapor pada DJP Jatim III terkait dugaan penipuan tersebut. Namun pihaknya berencana akan melaporkan dugaan penipuan ini kepada kepolisian.

"Beruntung, bank swasta itu masih belum memberikan sejumlah uang pada oknum yang melakukan penipuan ini. Rencana laporan ke polisi ada, tetapi kami masih melakukan diskusi internal terkait hal ini," imbuh Eko. 

Pihaknya berharap kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mengatasanamakan Kanwil DJP Jawa Timur III/Ditjen Pajak. "Apabila mendapatkan surat serupa yang mencurigakan agar segera menghubungi Kanwil DJP Jawa Timur III," tandasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00