• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Malang Amankan Truk Pengangkut 3,5 Ton Tembakau Ilegal

14 January
09:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang mengamankan sebuh truk yang mengangkut tembakau iris ilegal sebanyak 3,5 ton. Tembakau yang dikemas dalam 100 karung tersebut diamankan di kawasan Kelurahan Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, Rudy Hery Kurniawan mengatakan, tangkapan di Kota Malang ini berawal dari petugas Bea Cukai Malang yang melakukan patroli darat di Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang. Namun di tengah pelaksanaan patroli, petugas mencium aroma tembakau iris dari truk berwarna biru yang sedang parkir di bahu jalan. “Begitu mengetahui ada truk yang mencurigakan, petugas melakukan pemeriksaan. Saat itu sopir truk tidak berada di tempat,” kata Rudy, Senin (14/1/2019).

Darihasil pemeriksaan, sambung Rudy, petugas menemukan 100 karung tembakau iris yang tidak dilengkapi dokumen pelindung cukai. Tembakau iris illegal tersebut diperkirakan sebesar Rp 98 juta. Sedangkan potensi kerugian Negara dari operasi tersebut senilai Rp Rp35 juta. “Saat ini truk beserta muatannya dibawa ke kantor untuk diamankan,” tuturnya.

Terhadap pelanggaran tersebut, diduga melanggar pasal 27 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai. “Sampai saat ini, kasus tersebut sedang dalam penyelidikan lebih lanjut,” tandas Rudy.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00