• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan & Keamanan

Cegah Pengiriman Barang Ilegal, Kantor Pos Malang Perketat Pengawasan

9 January
09:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Maraknya barang ilegal atau terlarang yang masuk ke wilayah Malang membuat Kantor Pos Malang memperketat pengawasan barang yang masuk maupun dikirim melalui Kantor Pos Malang. Salah satu pengawasannya dilakukan dengan pemeriksaan paket menggunakan sistem sinar X atau X-Ray.

"Kami menjadi bagian untuk mendukung Bea Cukai supaya target di tahun 2019 untuk meningkatkan pendapatan dan meminimalisir peredaran barang ilegal. Kami terus meningkatkan pengawasan barang, salah satunya menggunakan X-Ray," kata Kepala Kantor Pos Malang, Agung Janarjono, Rabu (9/1/2019).

Menurutnya, selama tahun 2018 sebanyak 173 barang melalui kiriman pos disita oleh Bea Cukai Malang. Jenis barang terlarang yang masuk beragam, mulai rokok, kosmetik, obat-obatan, serta barang lainnya. Rata-rata merupakan barang impor.

"Barang impor cukup banyak masuk, mayoritas dari Cina. Sehari rata-rata proses kiriman luar negeri mencapai 100 item. Apalagi saat ini tren belanja online yang tidak hanya dari  dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Meningkatnya kiriman dari perdagangan online ini juga membuat kita harus memperketat pengawasan barang-barang yang masuk," ungkap Agung. 

Tak hanya barang, namun Kantor Pos Malang juga melakukan pengawasan terhadap dokumen dikirim melalui kantor pos. Jika ada dokumen yang masuk kategori membahayakan, maka dokumen tersebut akan masuk daftar barang cegah tangkal. Dokumen itu nantinya juga akan dimusnahkan seperti barang yang dianggap berbahaya.

"Dokumen ini ditangkal karena dianggap bisa membahayakan negara. Misalnya dokumen berasal dari negara komunis, dokumen yang diduga berisi isu SARA, ujaran kebencian, termasuk pornografi," tegasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00