• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan & Keamanan

Ratusan Taruna-Taruni Akademi TNI Gelar Latihan di Lanud Abd Saleh Malang

7 January
15:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sebanyak 519 taruna-taruni akademi TNI tingkat I menggelar latihan di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Senin (7/1/2019). Kunjungan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pembekalan wawasan dan pengetahuan bagi anggota taruna-taruni dalam melaksanakan tugas sebagai TNI.

Taruna tersebut terdiri dari 295 TNI Angkatan Darat , 109 TNI Angkatan Laut, dan 115 TNI Angkatan Udara, serta 38 personel taruni. Selain itu, kegiatan tersebut juga diwarnai aksi demo kemampuan dari masing-masing Skadron Udara, dan Batalyon Komando 464 Paskhas.

Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang) Komando Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) Akademi TNI, Marsma TNI Suparmono mengatakan, latihan dan kunjungan ke Lanud Abdulrahman Saleh merupakan realisasi kurikulum bagi taruna-taruni TNI. “Ini juga bertujuan untuk mengetahui organisasi dalam pelaksaan tugas dan tanggungjawabnya, profil satuan, dan aluitsista yang dimiliki,” tuturnya.

Sementara itu, Danlanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Andi Wijaya mengungkapkan, Lanud Abdulrachman Saleh merupakan pangkalan induk yang berkedudukan langsung di bawah Komando Operasi  TNI AU II (Koopsau II). Sehingga salah satu tugas satuannya adalah menyiapkan, melaksanakan pembinaan, dan pengoperasian seluruh satuan. “Satuan di Lanud Abdulrachman Saleh juga bertugas melakukan pembinaan potensi dirgantara,” kata Andi.

Saat ini, Lanud Abdulrachman Saleh Malang membawahi Wing 2 yang terdiri dari  Skadron Udara 4 dengan pesawat C-212 Cassa, Skadron Udara 21 dengan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano, dan Skadron Udara 32 dengan pesawat C- 130 Hercules. “Selain itu, Lanud Abd Saleh juga melakukan koordinasi dengan insub-insub yaitu Depohar 30 yang membawahi Sathar 31, Sathar 32 dan Sathar 33, Batalyon Komando 464 Paskhas, Detasemen Matra Wing II Paskhas, GPP 5, Satrad 221 Ngliyep dan Sekolah Bahasa,” paparnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00