• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pertahanan & Keamanan

Menjelang Tahun Baru, BNN Kota Malang Gelar Operasi Hiburan Malam

29 December
11:28 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang bersinergi dengan unsur pemerintah daerah dan jajaran aparat penegak hukum menggelar Operasi Simpatik mulai Jumat (28/12/2018) malam hingga Sabtu (29/12/2018) dini hari. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemberat narkoba menjelang perayaan tahun baru 2019.

"Karena momennya menjelang malam pergantian tahun, maka rawan terjadi penyalahgunaan serta digelontorkannya bermacam varian narkotika di masyarakat. Apalagi saat ini banyak beredar narkoba jenis baru yang harus diwaspadai warga. Oleh karena itu, operasi ini lebih bersifat operasi simpatik," tutur Kepala BNN Kota Malang, AKBP Bambang Sugiharto. 

Menurutnya, dalam upaya menegakkan peraturan dalam implementasi  Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Perkusor Narkotika, Bambang mengaku pihaknya tak bisa bekerja sendirian.

"Upaya ini membutuhkan kerjasama dan peran aktif seluruh komponen masyarakat. Termasuk halnya dari unsur pemerintah,  baik eksekutif dan legislatif, aparat penegak hukum serta jajaran samping. Tak akan berjalan efektif pula jika tanpa dukungan seluruh warga dari segala lapisan masyarakat," urainya.

"Kami juga ingin terlibat aktif dalam upaya memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada para orangtua yang anak-anaknya bersekolah atau kuliah di Kota Malang. Termasuk menjaga image positif Kota Malang sebagai Kota Pendidikan yang bebas narkoba demi membentuk generasi muda harapan bangsa," imbuh Bambang.

Sedangkan dari hasil tes urine yang dilakukan pihak BNN, mereka yang kedapatan positif mengkonsumsi narkoba bakal langsung diamankan petugas. Bagi kategori pemakai tetap dijunjung azas praduga sebagai korban sehingga diarahkan pada proses rehabilitasi. "Namun untuk bandar yang tertangkap akan langsung diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku," tegas Bambang.

Tak hanya eksekutif, unsur legislatif juga terlibat dalam opsgab kali ini. Mulai dari Ketua Dewan hingga para ketua komisi ikut serta. "Ini semua demi upaya mewujudkan Kota Malang yang bersih dari narkoba dan minuman keras sebagai identitas Kota Bermatabat. Kami pun sepakat dengan arahan Bapak Walikota, sehingga kami sebagai mitra kerja eksekutif wajib mendukung program-program positif dari Pemkot Malang," tegas Ketua DPRD Kota Malang, Bambang Heri Susanto.

Bahkan kini para legislator tengah menggodok rancangan Perda baru yang mengatur peredaran minuman beralkohol di Kota Malang. "Sedang kami godok. Kami matangkan sesuai pertumbuhan Kota Malang yang makin dinamis seperti juga geliat bisnis hiburannya yang makin meningkat," timpal Ketua Komisi A, Nawang Nugraning Widhi SH.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00