• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Tak Punya Dokumen Resmi, Imigrasi Malang Tangkap Nelayan Asal Filipina

28 December
14:40 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menangkap Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina bernama Nomer (41).  Pria yang bekerja sebagai nelayan ini diamanakna petugas imigrasi lantaran tidak memiliki dokumen resmi untuk berkunjug ke wilayah Indonesia. 

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Eko Julianto mengatakan, Nomer diketahui selama ini tinggal di sebuah kapal di pinggir Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang. "Dia tidur di kapal, ke darat hanya beberapa waktu. Kesehariannya memang bekerja sebagai nelayan mencari ikan untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap Eko, Jumat (28/12/2018).

Meski mencari ikan di perairan Indonesia selama empat tahun, warga Filipina ini tidak memiliki dokumen keimigrasian. Ia berhasil lolos dari petugas lantaran melewati jalur perairan yang tidak berada di bawah pengawasan TNI, Polri, dan petugas imigrasi. "Dia lewat jalur tikus, awalnya masuk di Kepulauan Riau untuk mencari ikan, lalu lanjut ke Sulawesi, dan perairan Jawa. Kemudian masuk melalui pinggiran yang tidak ada penjagaan keamanan," ungkapnya.

Eko menambahkan, penangkapan terhada Nomer dilakukan pada kisaran bulan Juli atau Agustus lalu. "Saat itu Nomer datang ke kantor untuk melapor. Ketika kami tanya paspornya ternyata tidak ada. Kemudian kami tangkap," imbuhnya.

Karena tindakannya tersebut, Kantoe Imigrasi Malang melimpahkan kasus ini ke Kejaksaan Negeri Kota Malang. Setelah melalui bebrapa kali sidang, nelayan asal Filipina ini dituntut hukuman 5 tahun penjara. "Sekarang masih menunggu vonis," tandas Eko. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00