• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Bea Cukai Malang Amankan Mobil Box Pengangkut 1,2 Ton Tembakau Ilegal

17 December
11:39 2018
1 Votes (5)

KBRN, Malang: Sebuah mobil box diamankan petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, Jumat (14/12/2018). Mobil box yang diketahui membawa 1,2 ton tembakau iris tanpa dokumen cukai tersebut diamankan di Jalan Surabaya-Malang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, Rudy Hery Kurniawan mengatakan, penangkapan mobil box tersebut berawal dari informasi masyarakat, bahwa terdapat pengangkutan tembakau iris ilegal dari arah Kota Surabaya menuju ke arah Kota Malang.

"Petugas berjaga di lokasi, begitu targetnya melintas, petugas melakukan pencegatan dan pemeriksaan terhadap mobil tersebut," kata Rudy, Senin (17/12/2018).

Petugas pun mengamankan 1,2 ton tembakau iris ilegal yang dikemas dalam 30 karung, dimana masing-masing karung berisi 40 kilogram tembakau iris. Selain barang bukti tembakau, petugas juga mengamankan sopir sekaligus sebagai pemilik barang berinisial R.

"Barang bukti tembakau dan sopir mobil box langsung dibawa ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, tembakau iris akan dilakukan uji laboratorium" ungkapnya.

Dari 1,2 ton tembakau iris ilegal tersebut, Hery memperkirakan potensi rokok ilegal yang dihasilkan mencapai 1,2 juta batang senilai Rp 12 juta. Sedangkan potensi kerugian negara dari operasi tersebut mencapai Rp 54 juta.

"Terhadap pelanggaran tersebut, diduga melanggar pasal 27 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai. Sampai saat ini kasus tersebut sedang dalam proses penelitian lebih lanjut," pungkasnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00