• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Pasar Halal di Kota Malang Mulai Dioperasikan

14 December
11:22 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kota Malang terus berbenah untuk menjadi salah satu destinasi wisata halal, salah satunya melalui konsep pasar halal. Kini, pasar berkonsep halal di Kota Malang sudah mulai dioperasikan. Pasar halal tersebut adalah Pasar Klojen yang kini telah direvitalisasi oleh Dinas Perdagangan.

Sebanyak 229 pedagang dengan berbagai jenis barang dagangan juga telah mulai menempati pasar pada Jumat (14/12/2018). Rencananya, aktivitas jual beli di pasar tersebut bisa dilakukan muai Senin (17/12/2018) mendatang. 

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan, konsep pasar halal memang menjadi salah satu fitur Kota Malang sebagai destinasi wisata halal. "Pasar Klojen ini menjadi percontohan pasar halal. Setelah direvitalisasi, saat ini pasarnya jadi bersih dan rapi," kata Sofyan saat ditemui di sela peresmian Pasar Klojen, Jumat (14/12/2018).

Dengan perbaikan mulai dari atap, lantai, lapak pedagang, hingga fasilitas penunjannya, diharapkan masyarakat di sekitar Pasar Klojen bisa belanja dengan nyaman di pasar tersebut. Apalagi dengan mengusung konsep halal, bahan makanan yang dijual di pasar tersebut juga dijamin kehalalannya. 

"Jika pasar bagus, masyarakat senang belanja ke pasar. Tujuan untuk menjadikan pasar tradisional sebagai penopang ekonomi kerakyatan akan tercapai," tutur pria yang kerap disapa Bung Edi tersebut.

"Proses jual beli di pasar tradisional juga merupakan bagian dari budaya nenek moyang kita, untuk itu Pemkot Malang terus menggalakkan program gerakan belanja ke pasar rakyat," imbuhnya.

Pihaknya pun berpesan pada para pedagang untuk selalu menhjaga kebersihan dan kerapian pasar. Selain Pasar Klojen, rencananya revitaliasasi juga akan dilakukan  di sejumlah pasar tradisional lainnya, salah satunya Pasar Bunul. 

"Ke depan, perbaikan fasilitas di pasar akan terus dilakukan  agar pasar di Kota Malang dapat memenuhi standar mutu," tandas Sofyan Edi.

Sementara itu, salah seorang pedagang di Pasar Klojen, Supriati mengaku senang dengan adanya revitalisasi pasar. Dengan fisik pasar yang lebih bagus, pedagang berharap semakin banyak masyarakat yang mau berbelanja di pasar tradisional.

"Kita bersyukur pasarnya sudah diperbaiki. Sebagai pedagang kita siap menjaga kebersihan, karena pasar kita akan menjadi pasar sehat jika bersih," pungkas pedagang kue tersebut. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00