• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Lagi, Bea Cukai Malang Sita Ribuan Bungkus Rokok Ilegal

4 December
09:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang kembali menyita sedikitnya 1.400 bungkus atau 22.400 batang rokok ilegal, serta jenis SKM batangan sebanyak 461 ribu batang di Desa Karangasem, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Perkiraan nilai barang dari operasi tersebut senilai Rp 166 juta, serta berpotensi merugikan negara senilai Rpb228 juta.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, Rudy Hery Kurniawan mengatakan, operasi yang digelar pada 30 November lalu berawal dari informasi dari warga sekitar bahwa terdapat rumah yang diduga dipergunakan sebagai tempat pengepakan, penimbunan, dan penyimpanan rokok ilegal.

"Setelah mendapatkan informasi dari warga, petugas mendatangi lokasi dan mendapati beberapa orang pekerja yang sedang melakukan pengepakan rokok ilegal beserta barang bukti berupa rokok ilegal," ujar Rudy, Selasa (4/12/2018).

Namun sayang, saat pemeriksaan dilakukan, pemilik rumah tidak ada di tempat. Sehingga petugas hanya membawa seluruh barang bukti ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. "Sampai saat ini kasus tersebut sedang dalam proses penelitian lebih lanjut dan pengembangan penelitian perkara terhadap pemilik rumah yang saat penindakan sedang tidak ada di tempat," katanya.

Terhadap pelanggaran tersebut, diduga melanggar pasal 56 jo 66 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.           

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00