• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Korupsi DAK Kabupaten Malang, KPK Cecar Saksi Soal Aliran Dana

27 November
16:01 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan pemeriksaan sejumlah saksi untuk mengungkap kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) yang telah menyeret Bupati Malang Non Aktif Rendra Kresna. Pemeriksaan tersebut dilakukan di Aula Rupatama Polres Malang Kota, Selasa (27/11/2018).

Salah seorang saksi, Zaini Ilyas mengaku dicecar sejumlah pertanyaan oleh penyidik KPK terkait aliran dana. Zaini merupakan perwakilan CV Sawunggaling yang mendapatkan proyek peningkatan mutu buku dari Dinas Pendidikannya Kabupaten Malang. "Ditanya soal aliran dana DAK 2011. Saat itu, CV Sawunggaling jadi pemenang, ketika cair saya transfer dengan nilai Rp 8,8 Miliar. Bukti transfernya sudah saya serahkan," ujar Zaini di sela pemeriksaan.

Ia mengakui jika kedatangannya ke Polres Malang Kota kali ini sebagai saksi untuk tersangka Rendra Kresna. "Saya pakai bendera CV Sawunggaling, rencananya mau kerjasama tetapi ternyata tidak jelas. Otomatis uangnya saya transfer semua senilai Rp 64,8 Miiliar," ungkapnya.

Selain Zaini, komisi anti rasuah tersebut juga memeriksa saksi lainnya baik dari pihak  swasta/rekanan maupun PNS di lingkungan  Kabupaten Malang. Diantaranya, Direktur Utama Akersa Adik Dwi Putranto, wiraswasta Arief Sebianto, warga Sudarso, Direktur CV. Bakti Swi Tunggal,  Mashud Yunasa, Direktur PT Nyata Grafika Media, Chris Harijanto Komisaris Utama PT Intan  Pariwara,  sekpri Bupati Malang, dan sejumlah saksi lainnya. Tercatat ada 15 saksi yang diperiksa pada hari ini. 

Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa sembilan orang saksi untuk kasus yang sama pada  Senin (26/11/2018). Diantaranya Henry M.B. Tanjung Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Suwandi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang,  Willem Petrus Salamena,  Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang, Tri Darmawan Samnodho Kasi Pengembangan APTIKA Dinas Kominfo Kabupaten Malang, serta saksi lainnya. Dalam kasus DAK 2011 ini, selain Rendra Kresna, KPK juga menetapkan dua tersangka lainnya yaitu Ali Murtopo dan Eryk Armando Talla sebagai rekanan swasta

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00