• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Korupsi DAK Kabupaten Malang, KPK Periksa 15 Saksi

27 November
14:50 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap sejumlah saksi terkait kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Malang tahun 2011. Pada pemeriksaan yang digelar di Aula Rupatama Polres Malang Kota, Selasa (27/11/2018), ada 15 saksi yang dipanggil. Pemeriksaan itu dilakukan sejak pukul 09.30 WIB pagi tadi hingga sore. 

Dari belasan saksi tersebut, beberapa diantaranya berasal dari unsur pemerintah, serta beberapa diantaranya berasal dari swasta atau tekanan. Diantaranya Direktur Utama CV. Akersa Adik Dwi Putranto, wiraswasta Arief Sebianto, warga Sudarso, Direktur CV. Bakti Swi Tunggal,  Mashud Yunasa, Direktur PT Nyata Grafika Media, Chris Harijanto Komisaris Utama PT Intan  Pariwara,  sekpri Bupati Malang, dan sejumlah saksi lainnya.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan adanya pemeriksaan tersebut. Saksi-saksi itu diperiksa untuk kasus yang telah menyeret Bupati Malang Non Aktif Rendra Kresna. Dalam kasus ini, Rendra Kresna diduga menerima uang suap senilai Rp 7 Miliar. "Sekitar 15 saksi diperiksa untuk tersangka RK di Polres Malang Kota," kata Febri. 

Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa sembilan orang saksi untuk kasus yang sama pada  Senin (26/11/2018). Diantaranya Henry M.B. Tanjung Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Suwandi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang,  Willem Petrus Salamena, 

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang, Tri Darmawan Samnodho Kasi Pengembangan APTIKA Dinas Kominfo Kabupaten Malang, serta saksi lainnya. 

Untuk diektahui, dalam kasus DAK 2011 ini , KPK telah menetapkan tiga tersangka yaita yaitu Rendra Kresna, Ali Murtopo dan Eryk Armando Talla sebagai rekanan swasta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00