• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Kendaraan Dijual, Segera Lapor Jual atau Balik Nama

22 November
07:03 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Polres Malang Kota menghimbau kepada pemilik kendaraan bermotor yang sudah menjual kendaraannya agar melakukan proses balik nama atau lapor jual. Sebab Polres Malang Kota akan segera menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di beberapa titik di Kota Malang. Dalam sistem itu, CCTV akan merekam plat nomor kendaraan yang melanggar, untuk ditindaklanjuti proses tilang kepada pemilik kendaraan.

"Sebelum penerapan E-TLE ini, banyak yang bertanya soal bagaimana kendaraan jika sudah dijual, untuk itu kami imbau agar masyarakat yang menjual kendaraannya segera lapor atau balik nama," kata Kasat Lantas Polres Makota AKP, Ari Galang Saputro, Kamis (22/11/2018).

Kendaraan yang sesuai dengan nama pemiliknya, sambung Galang, akan mempermudah kepolisian untuk melakukan proses identifikasi. Sehingga jika kebetulan kendaraan melanggar aturan lalu lintas, maka polisi bisa mendatangi pemilik kendaraan yang sebenarnya.

"Agar identifikasinya lebih mudah. Apabila memang kami datangi ternyata sudah berpindah tangan, ini akan menyulitkan. Sehingga nanti yang kami tilang adalah pemilik kendaraan yang asli, bulan pemilik sebelumnya atau dipinjamkan," ungkapnya.

"Untuk melakukan lapor jual atau balik  nama, pemilik kendaraan hanya perlu  datang ke Samsat terdekat," imbuh Galang.

Sistem tilang elektronik yang akan diterapkan di Polres Makota tidak hanya berlaku untuk warga Malang saja. Namun warga luar Kota Malang yang melanggar dan terekam CCTV, juga bisa kena sanksi tilang. 

"Kota Malang merupakan kota wisata, yang mana setiap Sabtu Minggu banyak wisatawan yang berkunjung ke Malang.  Untuk pelanggaran dari luar kota, maka tetap laksanakan tilang di tempat," tegasnya.

Sepertidiketahui, Polres Makota akan menerapkan sistem tilang elektronik bagi para pengendara yang melanggar aturan. Untuk sementara, ada dua titik yang menjadi pilot project. Yakni di traffic light depan Hotel Savana, jalan Letjen Sutoyo dan traffic light jalan Kaliurang. 

Dalam sistem tersebut, apabila ada pelanggar, nanti akan disorot langsung pada plat nomor yang sudah diidentifikasi. Jika sudah ditemukan pelanggaran, akan dicatat dan direkam pelanggaran seperti apa. Rekaman itu sebagai bukti kepolisian untuk melakukan penindakan.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00