• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Menkumham: Kesadaran Hukum Berkorelasi dengan Kemajuan Negara

21 November
13:49 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Masyarakat yang selalu mentaati hukum adalah kunci negara menjadi berhasil. Untuk iu, Kementrian Hukum dan HAM terus mendorong agar budaya taat hukum semakin kuat di lingkungan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly di sela pereseian desa/kelurahan taat hukum se-Jawa Timur di Balaikota Malang, Rabu (21/11/2018). Program pembentukan desa/kelurahan sadar hukum tersebut merupakan upaya literasi ukum di tengah masyarakat.

"Pembentukan desa/kelurahan sadar hukum adalah bukti bahwa Indonesia adalah negara hukum. Sebab tingkat kesadaran hukum masyarakat berkolerasi dengan tingkat kemajuan hukum suatu negara," katanya.

Menurutnya, kesadaran hukum tidak sellu terkait aturan yang berat. Namun kesadaran hukum secara sederhana perlu ditanamkan d masyarakat. "Misalkan kesdaran buang sampah, kesadaran berllau lintas, serta kesadaran membayar pajak. Ini bagian dari bentuk sadar hukum," ungkap Yasonna.

Oleh karenanya, bagi daerah yang telah ditetapkan sebagai desa/kelurahan sadar hukum, pihaknya berharap agar budaya taat hukum dpipertahankan dan ditingkatkan. "Belum tentu daerah yang sudah ditetapkan ini selamanya menjadi daerah sadar hukum, jika tidak mampu maka bisa diganti daerah lainya. Kami juga mendoring daerah yang belum ditetapkan untuk segera mendorong masyarakatnya menjadi lebih tertib dan baik," tandasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00