• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Polres Malang Kota Terapkan Tilang Elektronik

18 November
08:27 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Polres Malang Kota akan mulai menerapkan seistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di sejumlah titik traffic light. Sistem tersebut rencananya akan diujicobakan mulai Senin (19/11/2018) besok. Kepolisian juga akan melakukan sosialisasi hingga satu bulan ke depan  terkait kebijakan baru ini.

Kasat Lantas Polres Makota AKP Ari Galang Saputro mengatakan, dalam uji coba tersebut ada dua titik yang bakal dijadikan pilot project, yakni traffic light depan Hotel Savana, jalan Letjen Sutoyo dan traffic light jalan Kaliurang. “Penerapan tilang elektronik akan memanfaatkan Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di masing-masing traffic light tersebut,” kata AKP Galang, Minggu (18/11/2018).

Ia menjelaskan, mekanisme system tilang elektronik tersebut yakni, pengendara yang melakukan pelanggaran akan terekam di CCTV. Selanjutnya CCTV akan merekam wajah pengendara serta plat nomor kendaraan yang melanggar peraturan. "Data yang terekam kamera CCTV akan dijadikan bukti untuk penerapan giat penindakan pelanggaran. Dengan begitu, pelanggar tidak bisa mengelak ketika polisi melakukan penilangan,” tuturnya.

Dalam rangka menerapkan sistem tilang elektronik, pihaknya kini telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, CCTV itu juga akan terkoneksi ke command center. Dengan adanya penerapan e-tilang ini kami berharap ke depan tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan masyarakat,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00