• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Operasi Zebra Semeru 2018, Polres Malang Kota Tilang 4 Ribu Kendaraan

12 November
13:22 2018
1 Votes (1)

KBRN, Malang: Jumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah Kota Malang masih relatif tinggi. Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2018 yang digelar pada 30 Oktober hingga 12 November 2018, sekitar 4 ribu pengendara roda dua dan roda empat harus dikenai sanksi tilang lantaran melakukan pelanggaran.

Pada hari terakhir pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2108, Polres Malang Kota melakukan operasi di kawasan Taman Krida Budaya Jawa Timur yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Hasilnya, sedikitnya 100 kendaraan kena tilang. “Menjelang berakhirnya Operasi Zebra Semeru 2018, ada 3.850 kendaraan yang harus ditilang,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Kota, Ipda Luhur Santoso, Senin (12/11/2018).

Pelanggaran yang dilakukan pengendara cukup beragam. Mulai dari tidak lengkapanya surat berkendara yakni SIM dan STNK, penggunaan helm yang tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), pengedara roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman, serta menggunakan ponsel ketika mengemudi. “Kami juga masih menemukan plat nomor tidak sesuai dengan ketentuan, ini juga menjadi sasaran penertiban,” tuturnya.

Menurutnya, dalam pelaksanan Operasi Zebra Semeru, pelanggar langsung mendapatkan sanksi tilang. Sehingga tidak ada toleransi bagi pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. “Harapan saya setelah Operasi Zebra Semeru, masyarakat Kota Malang semakin tertib, mentaai peraturan lalu lintas. Selain itu, angka kecelakaan khususnya yang berakibat korban meninggal dunia bisa berkurang,” tandas Ipda Luhur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00