• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Kejari Kota Malang Musnahkan Puluhan Ribu Butir Narkotika

25 October
15:20 2018
1 Votes (2)

KBRN, Malang: Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti perkara hukum. Pada pemusnahan yang dilakukan di halaman kantor Kejari Kota Malang, Kamis (25/10/2018) ini, puluhan ribu butir narkotika, ganja, termasuk obat terlarang seperti obat kuat habis dibakar.

Kepala Kejari Kota Malang, Amran Lakoni mengungkapkan, barang bukti tersebut berasal dari 322 perkaran yang telah ditangani Kejaksaan Negeri Kota Malang. dalam pemusnahan tersebut, ada 37 batang ganja yang dibakar. Untuk pil koplo, obat terlarang dan juga obat kuat ada 20 perkara dengan jumlahnya 43.756 ribu butir. “Total kasus yang melibatkan ganja ada sebanyak 122 perkara dengan berat barang bukti 11,3 kilogram ganja kering. Sementara kasus sabu-sabu sebanyak 179 perkara dengan berat total 809,7 gram,” kata Amran di sela pemusnahan.

Menurut Amran, pemusnahan dilakukan agar barang terlarang ini tidak disalahgunakan atau kembali beredar di pasaran. Barang bukti yang dimusnakhan tersebut karena kasus hukumnya sudah mempunyai keputusan hukum tetap dari pengadilan. "Putusan pengadilan memang mengharuskan pemusnahan, karena ini memiliki efek buruk pada masyarakat,” tuturnya.

Selain narkoba dan obat terlarang, pihak kejaksaan yang juga didampingi jajaran kepolisian dan pengadilan turut memusnahkan puluhan telepon genggam atau ponsel.  Ponsel itu sarana yang digunakan untuk transaksi narkoba. “Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan barang-barang terlarang seperti itu. Selain membahayakan kesehatan, ancaman pidananya juga tinggi,” tandas Amran. (num)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00