• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Polres Makota Tangkap Spesialis Pencurian Rumah Kosong

7 September
14:50 2018
3 Votes (4.7)

KBRN, Malang: Rumah tak berpenghuni dengan lampu masih menyala di siang hari menjadi sasaran empuk bagi pelaku spesialis pencurian rumah kosong. Di Kota Malang, dua spesialis pencuri rumah kosong kini berhasil ditangkap Polres Malang Kota.

Keduanya pelaku yang ditangkap di lokasi berbeda yakni YRP (53) warga Jalan Bareng dan PR (53) warga Jalan Danau Brata Sawojajar. Keduanya melakukan melakukan aksi pencurian di rumah kosong sejak tahun 2015.

"Kedua pelaku sengaja keliling mencari rumah yang lampunya menyala di siang hari. Mereka berpura-pura menjadi tamu dengan mengetuk pintu. Begitu dipastikan tidak ada pemiliknya, pelaku berusaha mencongkel pintu dan jendela, masuk rumah, kemudian mencuri sejumlah barang berharga," papar Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, Jumat (7/9/2018).

Kejahatan pelaku terungkap setelah adanya informasi dari masyarakat bahwa pelaku menjual barang curian berupa televisi dan laptop ke rumah, kemudian dijual. Masyarakat curiga, lantaran keduanya sehari-hari bekerja sebagai juru parkir dan penjual nasi. 

"Selama ini kami juga mendapatkan 25 laporan masyarakat soal pencurian di rumah kosong. Matoritas di kawasan Kecamatan Lowokwaru. Tetapi untuk memastikan apakah pelakunya kedua orang ini, masih menunggu hasil identifikasi sidik jari," imbuh Asfuri. 

Selain televisi dan laptop, kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya lima unit handphone, sepeda motor yang digunakan saat mencuri, emas perhiasan, dan jam tangan. "Satu irang bertugas masuk rumah, satu orang lainnya bertugas jaga di luar rumah," kata dia.

Faktor ekonomi menjadi penyebab keduanya melakukan aksi pencurian ini. Untuk itu, Asfuri menghimbau warga yang meninggalkan rumahnya dalam waktu lama agar memberikan informasi ke tetangga atau security perumahan. "Dengan begitu, bisa dilakukan kontrol secara berkala," tandas Asfuri. 

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP yakni pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00