• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & Kriminal

Jangan Lengah, Pelaku Curanmor Mudah Beraksi

24 May
12:53 2018
3 Votes (4.7)

KBRN, Malang: Warga Kota Malang kini harus semakin waspada saat meletakkan kendaraan bermotornya. Jika lengah, maka pelaku pencurian kendaraan bermotor akan semakin mudah melakukan aksi kejahatannya. Di kawasan Kepuh, Kecamatan Sukun Kota Malang, YOW (24) warga Bareng Kecamatan Klojen berhasil mencuri satu unit sepeda motor milik seorang warga, ketika pemiliknya sedang lengah pada 15 Mei 2018. Beruntung, kepolisian kini telah berhasil menangkap pelaku yang sehari-harinya bekerja sebagai sopir ini.

Kapolsek Sukun, Kompol Anang Tri Hananta mengatakan, kejadian itu berawal ketika korban sedang menjenguk saudaranya yang sakit di Kepuh, Kecamatan Sukun. Saat itu, pelaku kebetulan melintas sambil mencari sasaran mengetahui sepeda motor milik korban diletakkan begitu saja. “Korban lengah saat pelaku kebetulan melintas sambil mencari mangsa. Saat melakukan aksinya, pelaku sudah mempersiapkan beberapa kunci. Begitu ada kunci yang cocok, sepeda motor langsung dibawa kabur,”  ungkap Kompol Anang, Kamis (24/5/2018).

Begitu mengetahui motornya raib, korban langsung melapor pada Polsek Sukun. Kepolisian pun langsung melakukan olah TKP serta melakukan penyelidikan terhadap residivis curanmor. Polisi juga melakukan penyelidikan di media social serta situs jual beli online. “Dari penyelidikan di situs jual beli online inilah, kita mmperoleh petunjuk. Tersangka menawarkan barang curiannya seharga Rp 2 juta, meski belum sempat terjual. Polisi harus bisa mengimbangi kecanggihan tersangka yang mengikuti perkembangan teknologi dengan menjual barang secara online,” katanya.

Berbekal penyelidikan melalui situs jual beli online, tersangka berhasil dipancing dan ditangkap bersama barang bukti satuunit sepeda motor curian pada 19 Mei 2018. Dalam aksi kejahatan ini, YOW ternyata dibantu oleh temannya berinisial I yang saat ini masih dalam pencarian polisi. “Kami meminta pada rekan tersangka untuk secara kooperatif menyerahkan diri pada kepolisian. Karena polisi akan terus melakukan pencarian,” tegas Anang.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hokuman penjara di atas lima tahun. (num)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00