• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

22 November Memberlakukan Penyusaian Tarif Tol

19 November
20:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makassar, - PT. Jalan To! Seksi Empat (JTSE) yang merupakan anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) sekaligus sebagai operator pengelola Jalan Tol Seksi IV, Makassar akan memberlakukan penyesuaian tarif tol pada tanggal 22 November 2019 pukul nol-nol tepat.

 

Penyesuaian tarif lni sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1076/KPTP/M/2019 tentang penyusaian tarif tol pada ruas Jalan Tol Makassar Seksi IV. Keputusan ini juga telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang telah dievaluasi dan ditetapkan oleh Pemerintah.

 

Direktur Utama PT.Jalan Tol Seksi IV (JTSE) Anwar Toha kepada wartawan di kantornya pagi tadi mengatakan penyesuaian tarif ini dilakukan setiap dua tahun berdasarkan regulasi yang berlaku yakni, tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi dan keputusan ini dihitung dari peraturan yang sudah ditetapkan, berdasarkan angka inflasi di Kota Makassar selama 2 tahun terakhir yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu sebesar 7 koma nol enam persen.

 

Penyusaian tarif ini juga kata Anwar bertujuan untuk pengembalian investasi dan biaya operasional atau pemeliharaan jalan tol di Indonesia untuk mempertahankan Standar Pelayanan Minimal (SPM) terhadap semua ruas jalan tol.

 

Lanjut Anwar menambahkan penyesuaian tarif akan diberlakukan untuk seluruh golongan kendaraan yang melintasi Jalan Tol Seksi IV, Makassar. Kendaraan golongan I dam II hingga IV mengalami kenaikan rata-rata sebesar 9 koma15 persen. Sedangkan untuk golongan Ill dan V mengalami penurunan rata-rata -9 koma 88 persen, Untuk tarif kendaraan golongan l Ramp Parangloe, Ramp Bira Timur dan Ramp Bira Barat tidak mengalami perubahan atau tetap seperti tarif sebelumnya.

 

PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) sebagai pengeIola ruas Jalan Tol Seksi IV dengan panjang 11 koma 57 kilo meter saat ini memiliki lima gerbang tol, dengan dua Jenls tarif tol, yaitu tarif untuk gerbang tol utama dan tarif untuk gerbang tol ramp. Tarif tol dibagl menjadl lima  golongan kendaraan sesuai dengan penggolongan kendaraan dl jalan tol yang dltetapkan Pemerintah yang berlaku di Indonesia.

 

Hingga Oktober 2019, Jumlah volume kendaraan yang melewati Jalan Tol Seksi IV tercatat sebanyak 39 ribu 366 unit perhari. (**)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00