• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

NH: Hasil Munas Dekopin Koperasi Bisa Membuat Ruang Ekonomi

13 November
07:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makassar, - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengapresiasi Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang dihadirinya pada selasa 12/11/19, malam di Hotel Claro Jalan AP Pettarani Makassar.

Menurut Airlangga dianggap sejalan dengan program pemerinrah, yakni untuk menggerakkan perekonomian Indonesia. Dimana dalam salah satu dalam rapat kabinet, dalam rangka menghadapi transformasi perekonomian industri 4.0,, pemerintah akan melakukan pelatihan dalam bentuk up skill, re-skill, dan training. Pemerintah akan meluncurkan kartu prakerja, dimana kartu pra kerja itu memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti pelatihan.

Lanjut Menteri  Koordinator Bidang Perekonmian Airlangga, pelatihannya bisa di balai, bisa juga di swasta dan  Pemerintah akan mengidentifikasi sektor termasuk pelatihan coding dan lainnya. Untuk itu, pemerintah akan memberi biaya untuk pelatihan tersebut mulai dari 7 – 30 juta bisa di atas itu,  Pemberian itu nantinya akan diberikan dalam bentuk kartu program dan platform digital. Ini akan disiapkan dalam menko perekonomian dalam 2-3 bulan mendatang.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid mengatakan, nantinya hasil Munas akan dikomunikasikan bersama menteri untuk kemudian dilakukan kebijakan yang bisa membuat ruang ekonomi yang luas terhadap Koperasi di Indonesia.

Dikatakan memahami bahwa ke depan di tahun 2020 dikhawatirkan Ekonomi global semakin melemah, ini akan berdampak pada Indonesia, itu hal ini salah satu cara untuk mengatasi itu.

Dalam Munas Dekopin itu kata Nurdin Halid Bahawa Munas Dekopin ini ada jati diri koperasi musyawarah mufakat dalam memilih ketua umum seakan aklamasi.(*)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00