• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pisah Sambut Kapolda Lama dan Kapolda Baru Sulsel.

16 September
23:58 2019
0 Votes (0)

KBRN. MAKASSAR: Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah menghadiri Pisah Sambut Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Hamidin kepada Irjen. Pol. Mas Guntur Laupe di Hotel Claro, Makassar, Senin (16/09/2019). Hadir juga, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel, Pangdam XIV/Hasanuddin, Ketua Pengadilan Tinggi Makassar dan kajati Sulsel.

Malam pisah sambut ini penuh luapan emosi. Karena harus melepas Kapolda Sulsel yang lama Irjen Pol Hamidin yang akan bertugas sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan menyambut dengan suka cita Irjen Pol Mas Guntur Laupe menjabat sebagai Kapolda Sulsel yang baru,  sebelumnya  jabatan sebagai Kadivkum Polri.

Dalam sambutan Gubernur Prof.Nurdin Abdullah mengatakan,  bahwa malam pisah sambut ini hadir merupakan doa untuk dua petinggi Polri yang meninggalkan dan akan memimpin Polda Sulsel dan  menyampaikan ucapan terima kasih atas kemitraan dan kerjasama yang terjalin selama ini, baik dengan Polda Sulsel dan Forkopimda lainnya dalam menyelesaikan berbagai persoalan di Sulawesi Selatan.

"Jujur saja saya bersyukur mendapatkan mitra, Pak Kapolda, Panglima (Pangdam XIV Hasanuddin) dan Kejati serta Forkopinda Lainnya, tentu kolaborasi yang kita bangun bisa menyelesaikan persoalan dengan baik. Saya berbisik dengan Panglima kita kehilangan humor segarnya Pak Kapolda. Saat kita lagi serius Pak Kapolda datang langsung ceria semua," ujar Gubernur Nurdin Abdullah.

Gubernur juga percaya bahwa Hamidin memang diutus ke NTT karena juga perlu penanganan khusus, seperti Kawasan Labuan Bajo yang lagi trend, Karena telah berhasil di Sulsel.

"Kalau bapak Irjen Pol Hamidin berhasil, begitu jadinya diberikan tantangan, kita berterima kasih atas nama masyarakat Sulsel atas pengabdiannya yang ada selama ini," kata Prof. Nurdin Abdullah.

Gubernur mengatakan, salah satu kontribusi Irjen Pol Hamidin, adalah membawa Sulsel melewati dengan tenang masa Pilpres dan Pemilu dari zona merah ke zona hijau.

Sulsel juga mendapat citra positif.  Ditandai pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Ini merupakan indikator daerah stabil berkat peranan kepolisian. Stabilitas  juga tercipta, demikian juga kepastian hukum dan investasi. Hal itu yang dirasakan selama delapan bulan atau selama Irjen Pol Hamidin menjabat sebagai Kapolda. Gubernur juga menyampaikan kepada Irjen Pol Hamidin, siap berkoordinasi dan menjalin komunikasi setiap saat.

"Pak Hamidin mudah-mudahan bintangnya bertambah, Pak Guntur Laupe juga. Biasanya yang dari Sulsel itu cukup bagus. Terima kasih atas pengabdianya di Sulsel Pak Hamidin dan selamat datang di Sulsel kembali Pak Guntur Laupe," ucapn Gubernur.

Sementara Irjen Pol Hamidin menyampaikan, Ia tepat delapan bulan kurang 10 hari berperan selaku Kapolda Sulsel, Walaupun pengabdiannya relatif singkat dan penuh dinamika, namun membahagiakan.

"Sebuah perjalan pengabdian yang relatif singkat, namun penuh dinamika dan ini telah menguras tenaga dan pikiran kita semua. Namun juga berakhir pada titik yang membahagiakan dalam rangka kebersamaan kita dengan Bapak Gubernur Sulsel beserta perangkat Forkopimda dan segenap lapisan masyarakat Sulsel yang menyatu dengan harmonis," kata Irjen Pol Hamidin.

Irjen Pol Hamidin menyampaikan berbagai hal telah dilakukan secara bersama-sama. Selain menciptakan kantibmas juga mencanangkan berbagai kampanye seperti gerakan mencintai lingkungan dan ini dilakukan secara masif bersama masyarakat.

Kapolda baru yang perna tiga kali menjabat Kapolres di Sulsel ini mengaku memiliki banyak hal menarik yang didapatkan. Terutama komunikasi dengan semua elemen yang terjadi dengan baik.

"Saya dibimbing oleh gubernur dan diberikan masukan oleh Forkopimda," sebut pria yang senang melukis dan menulis ini.

Irjen Pol Hamidin berharap agar semua pihak terkait untuk membantu Kapolda yang baru Irjen Pol Mas Guntur Laupe dalam menciptakan keamanan kepada masyarakat.

Sedangkan, Kapolda Sulsel yang baru, Irjen Pol Mas Guntur Laupe menyebutkan walapun perna menjabat Wakapolda Sulsel dan sebagai pejabat baru di Sulsel sebagai Kapolda, pria kelahiran Kota Parepare, Sulawesi Selatan ini meminta bimbingan dan kerjasama dari Gubernur, DPRD dan Forkopimda.

"Mohon kami perlu bimbingan dan arahan, sapaan dan teguran juga, kami siap untuk dikritisi langkah kami," harapnya.

Irjen Pol Mas Guntur mengatakan, seluruh stakeholder bekerja sama demi memajukan Polda Sulsel, karena ini akan membuat pengamanan di Sulsel menjadi lebih tenang. Ia pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kapolda sebelumnya (Irjen Hamidin).

"Sulsel awalnya zona merah untuk Pilpres, Pilgub dan Pileg berubah menjadi zona hijau atas dukungan dari Gubernur Sulsel, Forkopimda dan masyarakat bisa berubah zona hijau," jelasnya.

Irjen Pol Mas Guntur berharap, Irjen Pol Hamidin di tempat tugas yang baru dapat menjalankan tugas dengan baik.

Baik Nurdin Abdullah dan Mas Guntur Laupe sama – sama mengenang yang merupakan keduanya adalah alumni SMA Negeri 2 Parepare.(Sarif)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00